5 Penyebab dan Cara Mengatasi Upload Video TikTok Gagal

Anggi Novita Sari

Penyebab dan Cara Mengatasi Upload Video TikTok Gagal

Kadjiro – Kita tahu bahwa TikTok memang menjadi salah satu aplikasi berbasis video yang paling populer saat ini. Banyak sekali pengguna TikTok yang ada di seluruh dunia dan salah satunya adalah Indonesia. Para pengguna memang diberi kesempatan untuk bisa upload beberapa konten video menarik serta menghibur dan tentunya harus mengikuti syarat ketentuan yang ada. 

Membuat dan unggah video di TikTok ini bisa dilakukan dengan mudah, tapi ada juga beberapa pengguna yang mengalami masalah dan dimana upload video TikTok gagal. Nah terkait masalah ini, tentunya ada beberapa penyebab yang bisa saja terjadi dan wajib untuk kamu ketahui. 

Dengan mengetahui penyebab tersebut, maka kamu akan bisa mendapatkan solusi dengan mudah dan tepat. Untuk itu, kami akan membahas secara lengkap mengenai penyebab dan cara mengatasi unggah video TikTok yang gagal. 

Berbicara sedikit mengenai penyebab, untuk salah satu penyebab yang paling umum terjadi di saat gagal upload adalah koneksi internet yang digunakan buruk atau kurang stabil. Semua aplikasi memang hanya bisa berjalan, ketika terkoneksi dengan jaringan internet. 

Maka dari itu, di saat upload video gagal, sudah dipastikan koneksi internet yang digunakan tidak stabil. Hal ini menjadi masalah yang sering terjadi dan banyak dialami oleh para pengguna TikTok. 

Selain penyebab tersebut, tentunya ada beberapa penyebab lainnya yang akan disampaikan di bawah ini beserta dengan cara mengatasinya. Baiklah tanpa berlama-lama lagi, yuk langsung saja simak penjelasan di bawah ini mengenai penyebab dan cara mengatasi upload video TikTok yang gagal. 

Penyebab Upload Video TikTok Gagal

Pada pembahasan awal, di sini akan bahas terlebih dahulu mengenai penyebab kenapa upload video TikTok gagal. Mungkin banyak pengguna yang pernah mengalami masalah seperti ini. Nah adapun beberapa penyebab masalah ini terjadi dan di antaranya adalah sebagai berikut : 

  1. Koneksi Internet yang Buruk 

Salah satu penyebab utama di saat tidak bisa upload video di TikTok adalah koneksi internet tidak stabil atau lemah. TikTok membutuhkan jaringan internet yang stabil supaya video bisa diunggah dengan sukses. 

  1. Ukuran File yang Terlalu Besar 

Ukuran file video yang terlalu besar ini juga menjadi salah satu penyebab kenapa upload video TikTok gagal. TikTok juga mempunyai batasan file video dan di saat ukuran file tersebut melebihi batas, maka tidak akan bisa di upload. 

  1. Format File Tidak Mendukung 

Penyebab berikutnya juga bisa dikarenakan format file yang tidak didukung. Harus kamu ketahui, bahwa TikTok hanya mendukung format file video tertentu seperti MP4 dan MOV. Apabila video yang ingin kamu unggah mempunyai format file yang tidak didukung, maka video tersebut tidak dapat di upload. 

  1. Versi TikTok Belum Diperbarui 

Untuk penyebab berikutnya bisa terjadi, karena pengguna belum melakukan pembaruan aplikasi TikTok. Terkadang update aplikasi memang harus dilakukan supaya tidak menemukan masalah seperti ini. Memperbarui aplikasi ini juga dapat meningkatkan kinerja serta memperbaiki bug yang sering terjadi. 

  1. Kesalahan Teknis Pada Aplikasi 

Penyebab yang paling akhir adalah adanya kesalahan teknis di dalam aplikasi TikTok. Hal ini bisa saja disebabkan karena beberapa faktor, seperti masalah server maupun perangkat lunak. Hal ini memang bukan menjadi masalah yang umum terjadi, tapi hanya saja ada beberapa pengguna yang mengalaminya. 

Cara Mengatasi Upload Video TikTok Gagal 

Setelah kamu tahu informasi mengenai penyebab kenapa upload video TikTok gagal , berikutnya adalah akan membahas cara mengatasi supaya unggah video berhasil. Solusi ini juga tergantung dari penyebab yang sudah dijelaskan di atas dan berikut penjelasan selengkapnya : 

  • Apabila masalah yang terjadi karena koneksi internet, maka kamu bisa menggunakan koneksi internet yang lebih stabil. Gunakan jaringan WiFi maupun sebaliknya yang mempunyai jaringan internet lancar. 
  • Untuk masalah file yang terlalu besar, maka solusinya adalah memotong video menjadi beberapa bagian atau mengurangi ukuran file video menggunakan aplikasi edit video sebelum mencoba unggah ke TikTok. 
  • Lalu, kamu bisa melakukan konversi format file video menjadi format yang didukung dengan TikTok menggunakan bantuan aplikasi convert video. 
  • Nah jika masalah yang terjadi karena aplikasi yang belum dilakukan pembaruan, maka silahkan perbarui aplikasi terlebih dahulu ke versi paling baru dan update. 
  • Dan jika masalah dikarenakan kesalahan teknis di dalam aplikasi TikTok, solusinya adalah mencoba ulang upload video setelah beberapa waktu atau mencoba menggunakan aplikasi TikTok di perangkat yang berbeda. 

Dilihat dari pembahasan diatas, bisa disimpulkan bahwa masalah video yang gagal upload ini dikarenakan beberapa penyebab dan salah satunya yang paling umum adalah koneksi internet yang buruk. Meski ada beberapa masalah lainnya, tapi masalah tersebut sangat jarang terjadi. Terkait solusinya, kamu bisa mencoba cara yang sudah disampaikan di atas. 

Nah, itulah dia informasi lengkap mengenai penyebab dan cara mengatasi gagal upload video di TikTok. Semoga dengan adanya penjelasan di atas bisa menambah informasi, khususnya pengguna TikTok pemula. 

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar