9 Penyebab dan Cara Mengatasi Google Play Store Tidak Bisa Update

Anggi Novita Sari

Penyebab dan Cara Mengatasi Google Play Store Tidak Bisa Update

Kadjiro – Google Play Store tentunya sangat penting dan akan merasa kesal di saat tidak bisa di update. Di dalam artikel kali ini, ada beberapa cara mengatasi Google Play Store tidak bisa di update. 

Apabila Google Play Store tidak bisa di update, tentunya kamu akan merasa kesulitan untuk download aplikasi yang dibutuhkan. Biasanya, kamu akan diminta untuk melakukan update guna memastikan sistem keamanan.

Penyebab Google Play Store Tidak Bisa Update 

Ada beberapa alasan, kenapa Google Play Store yang ada di Android tidak bisa melakukan update. Alasan-alasan ini sebenarnya masih di kategori umum dan cara mengatasinya dapat dilakukan dengan mudah. Untuk beberapa alasan tersebut adalah :

  1. Koneksi Internet

Salah satu alasan atau penyebab kenapa kamu tidak dapat melakukan update di Google Play Store adalah koneksi internet yang kamu miliki tidak bagus. Bisa saja koneksi internet yang kamu miliki sangat lemot dan tidak stabil.

Hal ini bisa menjadi salah satu penyebab utama, kenapa kamu kesulitan untuk update toko Android milikmu. Sebelum melakukan update, kamu bisa mencoba untuk menemukan jaringan maupun koneksi internet yang jauh lebih stabil guna memastikan proses update bisa berjalan dengan lancar. Selain itu, jika kamu mempunyai koneksi internet yang stabil dan cepat maka waktu untuk update juga bisa menjadi lebih singkat.

  1. Cache Aplikasi yang Penuh

Lagi dan lagi, cache aplikasi yang penuh dan menumpuk ini bisa menjadi salah satu alasan kenapa Google Play Store tidak bisa melakukan update baik secara otomatis maupun manual. Cache merupakan sebuah tempat penyimpanan data sementara yang digunakan oleh Google Play Store untuk mempercepat proses loading sebuah aplikasi di saat kamu akan membukanya.

Jika cache aplikasi sudah penuh dan menumpuk, maka akan memakan banyak ruang penyimpanan dan membuat Google Play Store kesulitan untuk melakukan update. Selain itu, cache yang penuh ini juga mengganggu fungsi normal di perangkat Android kamu.

  1. Akun Google Bermasalah

Salah satu alasan yang mungkin tidak pernah terpikirkan sebelumnya adalah akun Google mempunyai masalah. Hal ini bisa saja terjadi, karena akun Google kamu terlalu banyak aktif atau mempunyai aktivitas yang mencurigakan. Maka dari itu, selalu pastikan untuk menggunakan akun Google yang baik dan tidak melakukan tindakan mencurigakan.

  1. Ruang Penyimpanan Penuh

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, jika cache aplikasi yang menumpuk ini bisa memakan banyak ruang penyimpanan. Sehingga, Android kamu akan mengalami kesulitan untuk melakukan update.

Dengan tidak adanya ruang penyimpanan, Google Play Store kamu akan berhenti melakukan pembaruan aplikasi. Bahkan, aplikasi yang sudah kamu install bisa mengalami kadaluarsa atau outdated. Aplikasi yang tidak up to date ini sangat tidak direkomendasikan baik secara fitur atau keamanan.

  1. Terdapat Gangguan pada Google Play Service

Selain masalah di perangkat, ada juga alasan lain kenapa Google Play Store kamu tidak bisa melakukan update. Salah satunya, yaitu terdapat masalah atau error pada layanan Google Play Store atau Google Play Service itu sendiri.

Google Play Service merupakan salah satu komponen yang bisa membantu aplikasi untuk bisa melakukan komunikasi dengan layanan Google. Dengan adanya error yang menghambat komunikasi atau koneksi ini membuat Google Play Store tidak bisa melakukan update aplikasi yang ada di perangkat Android kamu.

Cara Mengatasi Google Play Store Tidak Bisa Update

Setelah tahu semua penyebab dan faktor utama yang mungkin bisa menjadi salah satu alasan kenapa aplikasi di Google Play Store kamu tidak bisa melakukan update, kamu membutuhkan langkah atau metode untuk mengatasinya. Seperti yang sudah dijelaskan di awal, jika metode untuk mengatasi hal ini bisa dibilang sangat mudah. Sebagai berikut adalah cara yang bisa kamu lakukan supaya dapat mengatasi permasalahan Google Play Store tidak bisa di update di perangkat Android milik kamu :

  1. Memeriksa Koneksi Internet

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah mengecek koneksi internet yang kamu miliki. Kamu bisa melakukan pengecekan kecepatan dan kestabilan internet kamu dengan cara mengunjungi beberapa website di dalam Google.

Atau jika ingin lebih mudah, kamu bisa mencoba membuka YouTube atau aplikasi yang mengharuskan kamu online. Apabila mengalami buffering lama atau tidak bisa membuka aplikasi, maka dapat dipastikan koneksi internet kamu lambat.

  1. Membersihkan Cache Aplikasi

Untuk bisa membersihkan cache aplikasi, kamu bisa mengikuti langkah-langkah sebagai berikut :

  • Membuka menu “Setting”.
  • Pilih opsi “Apps” atau “Application Manager”.
  • Cari “Google Play Store”.
  • Akan muncul beberapa opsi, pilih opsi “Storage” atau “Penyimpanan”.
  • Apabila sudah, kamu bisa memilih opsi “Clear Cache”.
  • Selesai.
  1. Menghapus Data Google Play Store

Selanjutnya, cara mengatasi Google Play Store yang tidak bisa update adalah menghapus data. Apabila kamu belum tahu caranya, maka bisa mengikuti beberapa langkah sebagai berikut :

  • Membuka menu “Setting”.
  • Pilih opsi “Apps” atau “Application Manager”.
  • Cari “Google Play Store”.
  • Akan muncul beberapa opsi, lalu pilih “Storage” atau “Penyimpanan”.
  • Apabila sudah, kamu bisa memilih opsi “Clear Data”.
  • Selesai.

Hal ini akan membuat aplikasi kembali ke keadaan seperti pertama kamu membeli Android baru atau Factory Setting.

  1. Mengecek Ruang Penyimpanan

Langkah yang bisa kamu lakukan pada saat perangkat mempunyai ruang penyimpanan hampir penuh adalah menghapus beberapa aplikasi tidak digunakan. Selain itu, kamu juga bisa memindahkan beberapa media seperti foto, video dan lagu ke penyimpanan cloud storage atau penyimpanan eksternal.

Nah, itulah dia penjelasan lengkap mengenai penyebab dan cara mengatasi Google Play Store tidak bisa di update. Semoga dengan adanya penjelasan di atas bisa memberi tambahan informasi, khususnya pengguna perangkat sistem Android.

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar