Apa Itu TikTok Series ? Berikut Cara Pendaftaran dan Syaratnya!

Anggi Novita Sari

Mengenal TikTok Series 

Kadjiro – Tiktok Series merupakan salah satu fitur yang memberikan kesempatan kepada kreator yang sudah memenuhi syarat untuk memposting koleksi konten premium di balik paywall. Nantinya, juga akan mendapatkan bayaran untuk konten tersebut di dalam platform TikTok. 

Di dalam fitur ini, seorang kreator bisa mengumpulkan hingga 80 video yang mencakup beragam topik dan setiap video di dalam series ini mempunyai durasi bervariasi, mulai dari 30 detik sampai 20 detik. bagi kamu yang tertarik untuk melihat konten bisa melakukan pembelian akses dari tautan langsung yang disediakan di dalam video series. 

Selain itu, bisa juga melalui profil kreator. Dengan begitu, keunggulan TikTok Series bisa dikatakan memberikan kreator pendapatan dari konten premium mereka, sedangkan para penonton bisa menikmati konten secara eksklusif yang mereka minati dengan cara membayar akses ke series tersebut. 

Syarat dan Cara Mendaftar TikTok Series 

Setelah mengetahui apa itu TikTok Series, selanjutnya kamu juga bisa langsung menuangkan ide kreatif kamu di dalam fitur tersebut. Namun, untuk memanfaatkan fitur series harus memenuhi beberapa syarat sebagai berikut : 

  • Berusia 18 tahun ke atas. 
  • Mempunyai akun TikTok setidaknya selama 30 hari. 
  • Mempunyai akun pribadi yang bersifat publik. Sedangkan, untuk akun bisnis, akun politik dan akun private tidak memenuhi syarat fitur satu ini. 
  • Memposting tiga postingan publik maupun lebih di dalam 30 hari terakhir. 
  • Mendapatkan 1000+ tayangan atau lebih di dalam 30 hari terakhir. 
  • Memposting konten asli dan bukan hasil dari repost. 
  • Membagikan tautan ke konten secara premium jenis apapun yang sudah kamu jual. Tidak semua kreator diwajibkan untuk memberikan informasi ini. 
  • Mempunyai akun bereputasi baik tanpa melakukan pelanggaran secara berulang. 

Apabila sudah memenuhi syarat di atas, selanjutnya kamu bisa langsung melakukan pendaftaran dengan cara-cara berikut. Sebagai tambahan catatan, pastikan juga di dalam mendaftar masukkan data yang benar. Sebagai berikut adalah langkah-langkah yang harus kamu lakukan : 

  • Membuka TikTok dan login menggunakan akun yang sudah memenuhi syarat. 
  • Pilih ikon “profil” yang terletak di bagian sudut kanan bawah. 
  • Selanjutnya, memilih opsi “menu”. 
  • Pilih opsi “alat kreator”. 
  • Lalu, pilih “TikTok Series” dan ikuti semua panduan untuk melakukan pendaftaran. Pastikan untuk membaca dan menyetujui semua kebijakannya terlebih dahulu. Kemudian, lanjutkan dengan cara memberikan konfirmasi pada usia kamu. 

Setelah melakukan langkah-langkah di atas, maka permintaanmu akan dievaluasi terlebih dahulu dan menerima pemberitahuan melalui aplikasi jika disetujui. Kamu juga akan diarahkan untuk memberikan tautan ke sempel video yang sudah dibuat sebelumnya sebagai bahan pertimbangan. Tidak semua pendaftar akan mendapatkan persetujuan jika konten miliknya tidak memenuhi standar kelayakan yang sudah ditetapkan. 

Cara Membuat TikTok Series 

Apabila kamu sudah memenuhi syarat pendaftaran dan disetujui untuk bergabung dengan TikTok Series. Selanjutnya kamu bisa langsung membuat video series yang sesuai dengan topik kamu minati. 

Perlu diperhatikan juga di dalam membuat video, kamu juga harus memperhatikan durasi yang sudah ditentukan. Sebagai berikut adalah cara membuat TikTok Series : 

  1. Membuka www.tiktok.com/series di browser desktop terlebih dahulu, kemudian login ke akun TikTok yang kamu gunakan. 
  2. Klik di bagian gambar profil kamu, lalu pilih pada opsi “Series”. 
  3. Pilih opsi “buat series baru” dan ikuti panduan yang sudah muncul di layar untuk menambahkan judul, deskripsi, gambar sampul dan harga (apabila diperlukan). 
  4. Selanjutnya, kamu akan diarahkan ke halaman berikutnya. Dimana, kamu bisa memilih dan mengunduh video yang ingin kamu masukkan kedalam series. Di dalam proses ini, perhatikan beberapa aturan penting sebagai berikut : 
  • Kamu bisa mengunggah sampai dengan 80 video di dalam satu series. 
  • Durasi video yang diizinkan diantara 30 detik sampai dengan 20 menit. 
  • Semua format video didukung, tapi disarankan menggunakan format MP4. 
  • Setiap video tidak boleh melebihi ukuran 4GB. Kamu bisa menggunakan video di dalam format vertikal maupun horizontal. 

Setelah kamu berhasil mengunggah semua video yang diinginkan, klik opsi “kirim” untuk menyelesaikan proses. Kemudian, tim TikTok akan melakukan peninjauan untuk memastikan bahwa Series tersebut sudah mematuhi aturan atau tidak. 

Apabila disetujui, maka kamu akan mendapatkan notifikasi untuk segera dipublikasi. Setelah series kamu dipublikasikan, maka para penonton bisa membayar untuk mengaksesnya melalui profil atau menghubungkannya ke salah satu video TikTok. 

Satu hal perlu diingat, bahwa kamu tidak bisa menambahkan atau menghapus video setelah series diterbitkan. Maka dari itu, penting untuk memeriksa dan memastikan semua video yang kamu masukkan kedalam series ini sudah memenuhi standar kualitas sebelum melakukan publikasi. Perihal ini harus diperhatikan, karena setelah penerbitan sudah tidak akan bisa lagi dilakukan perubahan. 

Cara Mengelola dan Menautkan TikTok Series 

Kamu juga bisa mengatur video series di akun TikTok kamu secara langsung dari komputer. Selain itu, kamu juga bisa mengecek apakah series kamu sedang trending, baca komentar dari para penonton, alur urutan video dan masih banyak lainya lagi. Yuk, simak selengkapnya di bawah ini. 

  1. Masuk akun melalui browser desktop. 
  2. Klik gambar profil, lalu pilih opsi “series”. 
  3. Pilih opsi “kelola series”. 
  4. Dari sini, kamu bisa mendapatkan beberapa informasi berikut : 
  • Mengedit nama, deskripsi dan gambar sampul series. 
  • Mengedit deskripsi dan gambar sampul video individual didalam series. 
  • Mengelola draft konten. 
  • Melihat jumlah total pembelian video. 
  • Memeriksa status ulasan series. 
  • Memeriksa penelitian yang diberikan oleh pengguna. 
  • Merubah urutan video di dalam series. 
  • Menghapus series. 

Setelah series dipublikasikan, kamu tidak mempunyai akses untuk merubah harga yang sudah ditetapkan, menambah atau menghapus video. Namun, kamu diperbolehkan untuk melakukan perubahan pada detail series, deskripsi video dan sampul hingga lima kali setelah publikasi. Sedangkan, untuk cara menautkan series kamu ke dalam video TikTok, bisa mengikuti langkah-langkah sebagai berikut : 

  1. Sebelum unggah video, buka layar unggah pada aplikasi TikTok. 
  2. Pilih opsi “Series” dan pilih mana yang ingin kamu kaitkan dengan video. 
  3. Klik opsi “tambahkan ke video” untuk melanjutkan ke proses berikutnya. 
  4. Apabila diperlukan, lakukan perubahan tambahan di layar unggah, lalu tekan “unggah” untuk menyelesaikan. Setelah berhasil, tautan akan ditampilkan di video di atas teks dan akan mengarahkan para penonton ke konten berbayar kamu. 

Nah, itulah penjelasan lengkap mengenai TikTok Series. Semoga informasi diatas bisa bermanfaat dan menambah informasi. 

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar