9 Aplikasi untuk Mengecek Kesehatan Baterai MacBook, Terbaik dan Gratis

Anggi Novita Sari

Aplikasi untuk Mengecek Kesehatan Baterai MacBook 

Kadjiro – MacBook adalah salah satu laptop yang paling banyak dipilih oleh kalangan masyarakat. Bukan tanpa alasan, perangkat yang satu ini juga memberikan banyak penawaran mulai dari layarnya jernih, kecepatan, keamanan dan kapasitas baterai super awet. 

Ya, MacBook menjadi salah satu laptop dengan baterai yang bisa bertahan lama di pasaran. Meski begitu, bukan berarti kualitas dari MacBook ini akan selalu sama seperti di saat pertama kali perangkat dibeli. 

Tanpa perawatan yang tepat, baterai MacBook kamu bisa bermasalahan. Hingga tiba-tiba kamu menyadari bahwa baterai MacBook lekas cepat habis dan tidak bisa di charger. 

Untuk memantau dan mempertahankan kesehatan baterai di MacBook, kamu bisa menggunakan bantuan dari berbagai aplikasi. Di bawah ini ada beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk meningkatkan kesehatan baterai. Bagi kamu yang penasaran, yuk langsung saja simak penjelasan selengkapnya di bawah ini. 

9 Aplikasi untuk Mengecek Kesehatan Baterai MacBook 

Sebagai berikut adalah 9 aplikasi yang bisa digunakan untuk melakukan pengecekan kesehatan baterai di MacBook :

  1. CoconutBattery 

Dengan menggunakan CoconutBattery, kamu bisa selalu mengetahui kesehatan baterai secara real time. Di dalam aplikasi ini, kamu akan ditunjukkan informasi langsung mengenai baterai di MacBook dan perangkat iOS. Selain itu, aplikasi ini juga sangat berguna di saat kamu ingin membeli iPhone bekas karena membantu memberi informasi sebagai berikut : 

  • Kesehatan baterai. 
  • Seberapa sering baterai dilakukan charger. 
  • Usia MacBook, perangkat iOS dan baterai. 
  1. Battery Health 

Dengan menggunakan Battery Health, kamu bisa dengan mudah melihat semua informasi yang berhubungan dengan baterai MacBook. Contohnya, tingkat pengisian daya saat ini, kapasitas baterai, penggunaan daya, berapa kali baterai sudah di charger dan lain-lain. Download aplikasinya secara cuma-cuma dan pelajari lebih lanjut tentang baterai, statistik lengkap dan informasi kesehatan untuk baterai MacBook kamu. 

  1. Aldente Pro 

Para ahli menyatakan, bahwa untuk tidak melakukan pengisian daya MacBook melebihi 80% supaya baterai bisa lebih tahan lama. Namun, untuk fitur “Optimised Battery Charging” dari Apple ini tidak menghentikan pengisian daya hingga melebihi 80% dan melainkan hanya memperlambatnya. 

Maka dari itu, kamu mungkin tanpa sengaja mengisi daya sampai dengan 100% meski sudah menggunakan fitur “Optimised Battery Charging”. Dengan aplikasi Aldente Pro, kamu bisa mencegah pengisian daya baterai yang berlebihan. Selain itu, kamu juga bisa mengatur level tertentu untuk menghentikan proses pengisian daya setelah melewatinya. 

  1. Battery Indicator 

Battery Indicator merupakan aplikasi yang sangat bagus untuk MacBook yang ingin menggantikan ikon baterai asli di bilah menu menggunakan ikon lebih informatif. Hanya saja, kamu harus menghapus ikon baterai yang asli secara manual. 

Battery Indicator ini akan memberikan banyak informasi daripada indikator baterai yang asli. Aplikasi yang satu ini juga menunjukkan persentase sisa baterai tepat di sebelah ikon. Lalu, di saat kamu menyambungkan pengisi daya, ikon aplikasi ini juga akan memberi tahu mengenai sisa waktu yang tersisa untuk mengisi baterai sampai dengan penuh. 

  1. iStat Menus 

iStat Menus ini sangat berguna jika kamu ingin menambahkan statistik lanjutan, seperti kecepatan kipas, konsumsi memori dan indikator sebuah jaringan. Selain itu, iStat Menus ini juga akan terus menawarkan berbagai alat pemantauan baterai yang membantu kamu senantiasa mengetahui informasi penting mengenai baterai. 

Alat yang satu ini akan menampilkan kesehatan baterai, berapa kali baterai sudah di charger dan kondisinya. iStat Menus juga akan menampilkan waktu tersisa dengan daftar aplikasi yang banyak menggunakan sumber daya baterai. 

  1. Batter Battery 2 

Setelah Batter Battery 2 berhasil kamu installer, kamu juga akan melihat daftar semua informasi mengenai baterai. Mulai dari kapasitas baterai, tanggal baterai di produksi dan umurnya saat ini. Akan tetapi, ketika kamu menginginkan fitur yang lengkap maka harus membeli Batter Battery 2 di dalam versi premium. Namun, kabar baiknya adalah versi gratisnya sudah mempunyai banyak informasi untuk mengelola baterai di dalam MacBook. 

  1. Battery Monitor

Ada kalanya kamu juga mendapatkan pemberitahuan baterai lemah, tapi kamu tidak dapat menemukan dan menyambungkan pengisi daya sampai MacBook mati. Nah, untuk aplikasi Battery Monitor ini bisa merubah persentase penerimaan notifikasi tersebut. Hal ini juga sangat berguna dan mudah sekali diatur. 

Cukup install aplikasinya sampai dengan selesai. Aplikasi ini akan secara otomatis berada di bilah menu dan mengirimkan pemberitahuan, ketika persentase baterai sudah mulai menurun di bawah titik tertentu. Bukan hanya itu, kamu juga bisa melakukan konfigurasi batas atasnya. 

  1. Battery Life 2 

Battery Life 2 merupakan aplikasi pemantauan baterai yang paling populer untuk macOS. Aplikasi yang satu ini mempunyai antarmuka yang teratur dengan tetap mencantumkan semua informasi penting mengenai perihal baterai

Battery Life 2 di dalam MacOS ini juga akan menampilkan indikator “Battery Remaining” yang merupakan salah satu fitur penting untuk memenuhi kebutuhanmu. Tidak hanya itu, kamu juga bisa mengakses fitur “Power History” untuk bisa mengakses grafik konsumsi daya dinamis baterai yang bisa diakses di dalam versi premium. 

  1. Indikator Pada MacBook 

Apple sudah cukup bijaksana untuk memberikan siklus baterai di MacOS. Meski demikian, fiturnya memang tidak selengkap di dalam aplikasi pihak ketiga. Meski demikian, kamu masih bisa mengakses informasi dari menu sebagai berikut : 

  • Tahan tombol “option” dan klik pada menu Apple. 
  • Pilih “System Information”. 
  • Klik tab “Power” yang ada di bagian hardware. 

Semua alat di dalam daftar diatas akan memberikan kamu wawasan lebih baik mengenai baterai MacBook dan mudah digunakan. Apabila kamu mempunyai budget untuk laptop, pilih aplikasi berbayar karena memberikan penawaran lebih banyak manfaat. Apabila tidak, maka gunakan aplikasi versi gratis pun sudah cukup. 

Demikian penjelasan mengenai 9 aplikasi untuk mengecek kesehatan baterai di MacBook. Selamat memilih dan semoga informasi diatas bisa membantu kamu di dalam menentukan pilihan,ya 

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar