TV Digital Kamu Tiba-Tiba Tidak Ada Sinyal? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Anggi Novita Sari

Penyebab dan Cara Mengatasi TV Digital Tidak Ada Sinyal

Kadjiro – TV digital yang tidak ada sinyal membuat kamu tidak bisa menonton siaran. Terlebih lagi semua tontonan hanya bisa diakses dari TV digital saja. 

Lalu, apa penyebab TV digital tidak ada sinyal dan bagaimana cara mengatasinya? Yuk, simak penjelasan selengkapnya di bawah ini. 

Penyebab TV Digital Tidak Ada Sinyal 

Pada saat menemukan TV digital kamu muncul tulisan “tidak ada sinyal”, maka hal itu menandakan bahwa TV digital kamu tidak bisa menayangkan program siaran TV digital dari stasiun penyiaran. Diantara kamu mungkin bertanya-tanya, apa penyebab dari hilangnya atau tidak ada sinyal di TV digital tersebut. 

Tidak ada sinyal ini bukan berarti TV kamu rusak, tapi ada beberapa penyebab teknis yang harus kamu ketahui. Untuk semakin jelasnya, kamu bisa simak pembahasan sebagai berikut : 

  1. Kualitas Antena yang Menurun 

Hal pertama yang menyebabkan TV digital kamu tidak bisa menangkap sinyal adalah masalah di kualitas antena. Pada dasarnya, antena dengan kualitas yang kurang bagus atau buruk ini tidak bisa menangkap siaran TV digital secara stabil. Maka dari itu, kamu harus melakukan perbaikan antena tersebut dan memasang kabelnya dengan sesuai. 

  1. Kabel Antena yang Rusak 

Selanjutnya, kabel antena yang kondisinya sudah usah atau rapuh ini juga menjadi penyebab utama kenapa TV digital tidak bisa menangkap sinyal siaran. Meskipun TV kamu sudah digital, STB TV juga masih tetap membutuhkan kabel antena sebagai tambahan untuk menangkap sinyal TV digital. 

  1. Arah Antena 

Kamu juga harus memperhatikan apakah antena sudah diletakkan di dalam posisi yang tepat atau kurang tepat. hal ini juga bisa menjadi salah satu penyebab tidak adanya sinyal siaran TV digital. Maka dari itu, disarankan untuk kamu mengarahkan antena secara tepat dan kokoh supaya jaringan TV semakin stabil. 

  1. Jack TV Mengalami Masalah 

Jack merupakan alat penghubung di antara antena dengan STB TV. Alat yang satu ini juga menjadi salah satu penyebab hilangnya sinyal TV digital kamu. Maka dari itu, ada baiknya kamu mengecek Jack TV secara berkala dan apakah ada kerusakan pada jack atau tidak. 

Apabila jack TV kamu rusak, maka hal itu akan berdampak pada sulitnya sinyal yang dikirimkan pada STB. Sehingga, menyebabkan TV digital tidak bisa menampilkan gambar siaran. 

  1. Wilayah Tempat Tinggal Mengalami Gangguan 

Wilayah tempat tinggal kamu bisa menjadi penyebab sulitnya STB menangkap sinyal TV digital. Tidak jarang, ketika wilayah tempat di dataran tinggi atau bahkan perkotaan ini mengalami kerusakan akan mendapatkan sinyal TV digital. Hal itu juga terjadi, karena jaringan yang terdistribusi terlalu rendah atau mungkin sedang terjadi perbaikan oleh sistem pusat. 

Cara Mengatasi TV Digital Tidak Ada Sinyal 

Untuk mengatasi TV digital yang tidak ada sinyal, ada 4 cara yang bisa kamu lakukan dan berikut daftar selengkapnya : 

  1. Merubah Posisi Antena 

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi hilang sinyal di TV digital adalah merubah posisi antena. Pada cara yang satu ini adalah hal paling umum untuk dilakukan, bahkan sejak kamu menggunakan antena UHV/VHF. 

Antena STB ini biasa akan dipasang di luar ruangan seperti di atap rumah kamu. Dengan demikian, posisi antena bisa menjadi bergeser akibat terkena angin kencang maupun kondisi hujan. 

Sebagai catatan tambahan, jika antena STB kamu sering mengalami perubahan posisi. Maka, kamu bisa memeriksa penguncian yang sudah terpasang pada antena tersebut. Bisa jadi, ada bagian sekrup maupun komponen lain yang tidak kencang. Sehingga, menjadi penyebab antena STB mudah berpindah posisi. 

  1. Memeriksa Kabel dan Kepala Colokan Antena 

Kabel antena dan kepala colokannya bisa juga menjadi penyebab hilangnya sinyal di TV digital. Kamu bisa memeriksa apakah ada komponen yang rusak maupun putus. Apabila ada kerusakan pada bagian kabel maupun kepala colokan antena, maka kamu harus mengganti dengan yang baru. 

  1. Memeriksa Kondisi Tuner 

Tuner yang ada TV ini mempunyai peran penting untuk bisa menangkap frekuensi sinyal. Apabila TV kamu mengalami hilang sinyal, maka bisa jadi salah satu penyebabnya adalah di komponen tuner TV. 

Untuk memeriksa kondisi tuner, kamu bisa melakukan pengecekan apakah ada bagian karat di komponen tersebut. Kamu mungkin saja harus mengganti tuner TV, ketika komponen tersebut sudah mengalami kerusakan parah. 

Cara lain untuk melakukan perbaikan tuner TV adalah melakukan penyolderan ulang di bagian kaki tuner. Ada kemungkinan timah di bagian tersebut mengalami keretakan, sehingga kamu harus melakukan penyolderan ulang. 

Di dalam melakukan penyolderan kaki tuner, kamu harus menyesuaikan dengan tegangan tuner di 5-12 Vdc. Akan tetapi, ada beberapa tuner TV yang membutuhkan tegangan kurang lebih 100 – 300 Vdc. 

Pastikan kamu sudah benar-benar paham dan tahu bagaimana cara menyolder tuner TV untuk menghindari terjadinya kerusakan lebih parah. Alangkah baiknya, ketika kamu membawa tuner TV ke tukang reparasi yang sudah lebih paham dengan cara menyolder kaki tuner. 

  1. Memeriksa Kondisi IC Program 

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan di saat TV digital tidak ada sinyal adalah memeriksa kondisi IC program. Kerusakan pada komponen IC program ini sangat jarang sekali terjadi dan kamu harus menggantinya dengan yang baru untuk bisa mendapatkan sinyal TV digital. 

Jadi, itulah informasi mengenai penyebab dan cara mengatasi TV digital yang tidak ada sinyal. Semoga dengan adanya penjelasan di atas bisa memberikan manfaat, khususnya pengguna TV digital pemula. 

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar