Kamera HP Kamu Buram Saat Mengambil Foto? Lakukan 7 Tips Berikut!

Anggi Novita Sari

Tips Mengatasi Kamera HP Buram 

Kadjiro – Sebagai orang yang suka mengabadikan berbagai momen maupun objek, kamera yang jernih pasti sudah menjadi impian bagi para pemburu foto. Karenanya, tidak jarang mereka sengaja mengeluarkan biaya berlebih untuk mendapatkan smartphone dengan kualitas kamera terbaik. 

Meskipun begitu, tidak menutup kemungkinan kamera smartphone akan mengalami penurunan kualitas, karena masa pemakaian yang sudah cukup lama. Akibatnya, hasil foto maupun video yang dihasilkan juga tidak sejernih di saat awal-awal masa penggunaan. 

Penyebab lain dari kamera yang tidak jernih atau buram bisa disebabkan, karena kurangnya perawatan maupun penggunaan perangkat yang tidak hati-hati. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, sebenarnya ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan. Bagi yang penasaran, yuk langsung saja simak penjelasan selengkapnya di bawah ini. 

Tips Mengatasi Kamera HP Buram 

Sebagai berikut adalah tips mengatasi kamera HP buram yang bisa kamu lakukan : 

  1. Membersihkan Lensa Menggunakan Kain Microfiber 

Ada beberapa alasan, kenapa kamera depan buram. Contohnya kamera kotor, terkena air atau terjadi kerusakan fisik pada bagian lensanya. Terkadang juga terjadi kesalahan pada aplikasi kamera bawaan yang membuat tampilan gambar menjadi seolah-olah buram. Apabila kamu belum mengetahui penyebab pastinya, cara yang bisa dilakukan adalah membersihkan pada bagian lensanya. 

Namun, kamu tidak boleh menggunakan sembarangan kain untuk membersihkan lensa kamera HP. Pilih kain microfiber yang terbukti bisa menghilangkan kotoran di bagian lensa kamera HP secara maksimal. Untuk mencari kain ini tidak sulit, karena microfiber juga bisa digunakan untuk membersihkan kaca mata. 

Cara membersihkan lensa kamera juga sangat mudah untuk dilakukan. Cukup gosokkan saja kain secara perlahan dari satu arah ke lensa kamera HP. Apabila sesudah melakukan cara ini hasil kamera kamu tidak blur berarti ada kotoran maupun sisa cipratan air pada lensa. 

  1. Menggunakan Selotip 

Kamera HP mungkin saja kotor, karena tidak sengaja tersentuh oleh jari. Debu karena sentuhan jari ini biasanya tidak terlalu kelihatan, tapi bisa membuat lensa menjadi buram. Apalagi lensa kamera adalah komponen HP yang paling rentang terkena debu dan sensitif. 

Cara yang bisa kamu lakukan supaya lensa kamera HP bisa kelihatan jernih adalah menggunakan selotip. Caranya, potong sedikit selotip bening sampai dengan sesuai ukuran kamera tersebut. 

Apabila sudah, kamu bisa langsung menempelkannya di bagian lensa kamera HP tersebut. Dengan cara ini, kamera bisa langsung kelihatan lebih jernih daripada yang sebelumnya. 

  1. Menggunakan Silica Gel 

Silica gel adalah bahan yang pada umumnya digunakan untuk menjaga sepatu supaya tetap kering. Tidak heran kalau kamu selalu menemukan silica gel di dalam kotak sepatu maupun tas baru. Daripada dibuang, kamu bisa memanfaatkan silica gel untuk menghilangkan embun di kamera HP. 

Caranya, ambil tempat, masukkan HP kesana dan taburkan silica gel di sekitarnya. Tutup rapat tempat tersebut, lalu diamkan di dalam waktu semalaman. Apabila HP kamu menggunakan model battery removable, jangan lupa untuk melepas baterainya terlebih dahulu. Setelah itu, kamu tinggal menunggu sampai dengan embun di kamera HP kamu terserap oleh silica gel. 

  1. Membersihkan Menggunakan Pasta Gigi 

Pasta gigi bisa digunakan untuk membersihkan kotoran dengan mudah, termasuk di bahan-bahan sejenis kaca. Cara kali ini juga sangat direkomendasikan buat kamu yang ingin membersihkan permukaan lensa HP. 

Caranya, siapkan terlebih dahulu pasta gigi berwarna putih dan ambil sedikit dengan menggunakan jari. Setelah itu, oleskan pasta gigi ke kamera HP secara perlahan-lahan. 

Ambil kain microfiber yang sebelumnya sudah dilembabkan menggunakan air, lalu membersihkan sisa-sisa pasta gigi yang masih menempel. Dengan cara ini dijamin permukaan kamera HP kamu akan bersih lagi seperti baru. 

  1. Menghapus Cache Aplikasi 

Tidak semua kamera HP rusak secara fisik, permasalahan aplikasi di kamera ini juga membuat hasil foto menjadi buram. Apabila kamu sudah mempraktekkan ketiga cara yang sebelumnya dan belum berhasil, maka coba untuk menghapus cache pada aplikasi kamera. 

Langkah pertama, membuka pengaturan HP dan cara menu “aplikasi”. Setelah itu, membuka “kamera” dan “penyimpanan”. Klik opsi “hapus cache atau hapus daya” yang sudah muncul di layar HP. 

Apabila sudah, tes kembali aplikasi kamera HP kamu apakah sudah jernih atau belum. Apabila belum berhasil, maka coba untuk menggunakan cara yang lainnya. 

  1. Menggunakan Aplikasi Kamera Lain 

Meski sudah ada kamera bawaan dari HP, bukan berarti kamu tidak bisa menggunakan aplikasi dari pihak ketiga. Di Google Play Store maupun App Store juga banyak sekali pilihan aplikasi kamera HP yang bisa di download dan gunakan. 

Semua aplikasi tersebut bisa menjadi pilihan alternatif, ketika kamera bawaan HP sedang mengalami masalah yang sulit diatasi. Caranya sangat mudah, pilih aplikasi kamera, lalu install seperti biasa. 

Untuk cara penggunaanya juga sangat mudah dan seperti pada umumnya kamera HP bawaan. Pilih aplikasi kamera yang ukurannya tidak terlalu besar supaya tidak membuat ruang penyimpanan cepat penuh. 

  1. Mengeringkan Lensa 

Apabila HP yang kamu gunakan terkena air, biasanya akan ada sisa bekas embun di beberapa bagian dan salah satunya adalah kamera. Air memang bisa masuk ke celah-celah lensa, sehingga di saat kamera digunakan hasilnya akan blur. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, kamu bisa mengeringkan pada bagian lensa menggunakan blower. 

Caranya juga sangat mudah, tiup saja lensa kamera HP yang kamu gunakan menggunakan blower. Tekanan angin yang kuat ini akan membuat sisa-sisa kotoran yang menempel di lensa langsung terangkat. Selain blower, kamu juga bisa menggunakan hairdryer untuk mengatasi permasalahan satu ini. 

Namun, di dalam penggunaan hair dryer harus berhati-hati karena lensa kamera HP bisa rusak kalau terkena panas secara berlebihan. Akan lebih baik, ketika kamu menggunakan suhu paling rendah di saat menggunakan hair dryer.

Itulah penjelasan kenapa kamera HP buram serta cara mengatasinya. Semoga dengan adanya penjelasan diatas bisa membantu, khususnya yang sedang mengalami kamera HP buram. 

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar