Semakin Canggih! Ini 8 Deretan Fitur Canggih Telegram yang Berhasil Mengalahkan WhatsApp

Anggi Novita Sari

Fitur Baru Telegram

Kadjiro – Salah satu aplikasi pesan terpopuler, Telegram baru saja merilis pembaruan fitur yang membuat chattingan kamu menjadi semakin seru dan tidak membosankan. Dikonfirmasi langsung dari halaman resmi Telegram, mereka berhasil mengeluarkan 8 fitur terbaru yang sudah dinanti-nanti oleh para pengguna setianya. 

Fitur terbaru Telegram tersebut dimulai dari similar channel, kembaran wallpaper sama teman mengobrol chat dan bisa merubah pesan suara menjadi pesan teks. Bagi yang penasaran dengan 8 fitur baru Telegram, yuk langsung saja simak penjelasan selengkapnya di bawah ini. 

Fitur Baru Telegram 

Sebagai berikut adalah penjelasan secara rinci mengenai 8 fitur terbaru dari aplikasi pesan Telegram : 

  1. Similar Channels 

Fitur pertama hadir dari bagian Channels, yaitu Similar Channels. Fitur kali ini memungkinkan para pengguna untuk bergabung secara langsung sesuai dengan tema maupun topik yang menjadi interest kamu. 

Pada saat mereka sudah dedicated dan klik di salah satu saluran, nantinya pengguna akan langsung diarahkan untuk menemukan saluran dengan bahasan atau sub tema yang serupa kamu ikuti juga. Penentuan daftar channel di Telegram ini bisa dipilih secara otomatis berdasarkan dengan keamanan basis para penggunanya. 

Untuk mempermudah pencarian saluran lainnya, pengguna bisa mengakses similar channels dari profil saluran yang sudah diikuti sebelumnya. Apabila kamu tertarik, kamu bisa langsung klik “join”. 

  1. Reposting Stories 

Setelah sukses mengenalkan fitur Stories di bulan Juli 2023 lalu, Telegram kini juga menghadirkan fitur menarik perhatian para penggunanya yang diberi nama repost story. Cara kerja dari fitur yang satu ini hampir mirip dengan Instagram, dimana story yang di-repost akan tampil di dalam story para pengguna yang melakukan repost. 

Setiap kali melakukan repost story orang lain, Telegram akan mencantumkan nama pengguna asli di bawah nama akun pengguna yang melakukan repost. Apabila nama tersebut di klik, maka pengguna bisa langsung melihat story asli dari pihak pengguna. Dengan adanya fitur baru kali ini, selain menarik perhatian para audiens dari akun pribadi, audiens dari pihak pengunggah asli juga akan terus meningkat seiring dengan semakin banyaknya orang melakukan repost. 

  1. Video Message Melalui Stories 

Tidak hanya sekedar posting ulang cerita, Telegram juga memanjakan para penggunanya dengan fitur video message. Saat ini, pengguna bisa mengekspresikan berbagai reaksi melalui teks, pesan audio dan video message. 

Satu hal yang menarik, video message ini juga bisa diambil secara langsung pada saat pengguna ingin melakukan repost story. Untuk merekam pesan video, kamu cukup tekan ikon kamera di bagian editor cerita pada saat melakukan repost. Selain itu, pengguna juga bisa mengontrol volume dengan cara menahan trek video di bagian bawah layar. 

  1. Profil Colors 

Di pembaruan fitur sebelumnya, Telegram Premium memungkinkan para penganutnya untuk melakukan kustomisasi warna. Misalnya, di bagian profil, chat, tautan yang dikirimkan dan balasan pesan. 

Dengan kehadiran fitur terbaru Telegram, pengguna bisa menetapkan kombinasi warna supaya tampilan halaman profil telegram kamu semakin standout dan lebih menonjol dibandingkan pengguna lain. Bagi pengguna Android, kamu bisa melakukan kustomisasi warna di bagian profil dengan cara klik “settings – chat settings – change your colour”. Sedangkan, untuk pengguna iOS kurang lebih sama yaitu klik “settings- appearance – your color”. 

  1. Wallpapers On Both Sides 

Uniknya, saat ini pengguna Telegram juga bisa saling kembaran wallpaper untuk berbalas pesan. Nantinya, Telegram akan memunculkan pop up di dalam satu obrolan dan pengguna bisa memilih apakah ingin mengganti wallpaper yang khusus di obrolan tersebut atau mengganti wallpaper secara keseluruhan dengan teman obrolan. 

Dengan menggunakan fitur ini, pasti kamu bisa janjian terlebih dahulu kepada partner ngobrol untuk kembaran supaya bisa sama persis wallpapernya. Jadi, makin enak buat kamu chatingan. 

  1. Story Status Khusus Channels 

Selain repost story, saat ini pemilik saluran di Telegram juga bisa melihat statistik stories yang sudah dibuat sebelumnya. Statistik ini akan menampilkan berapa jumlah tayangan, ketika story tersebut sudah naik, jumlah reactions dan jumlah shares. Informasi statistik kali ini bisa kamu dapatkan dengan cara klik “channel info – edit – statistic and boosts”. 

  1. Custom Reactions for Channels 

Kamu bosan dengan emoji reactions yang hanya itu-itu saja? Saat ini, Telegram sudah memperkenalkan fitur custom emoji yang bisa mengusir rasa bosan dan membuat komunikasi menjadi lebih interaktif lagi. 

Para admin saluran Telegram kini mempunyai keleluasaan untuk mengelola reactions dengan cara menambahkan emoji baru atau menghapus emoji tertentu. Bahkan, pengguna saluran juga bisa langsung melakukan interaksi dan memberikan reaksi berupa emoji yang positif maupun negatif untuk merespon unggahan atau pesan. 

  1. Voice-to-Text 

Ada lagi fitur yang unik dari Telegram, yaitu transkripsi pesan suara ke pesan teks (voice-to-text). Fitur konversi suara menjadi teks kali ini memungkinkan siapa saja untuk merubah pesan suara dan video menjadi tulisan. 

Fasilitas ini juga sangat bermanfaat bagi pengguna yang tidak ingin mendengarkan pesan audio atau menyimak informasi yang disampaikan di dalam bentuk video, pertama di saat mengalami kesulitan mendengarkan audio.

Contohnya, saat berada di lingkungan yang ramai atau sedang menjalani rapat meeting. Fitur transkripsi suara di Telegram kali ini bisa menerjemahkan audio ke berbagai bahasa sebelum menyajikan transkripnya. 

Semua fitur yang sudah disebutkan diatas sudah hadir secara resmi di Telegram, baik untuk pengguna Android atau iOS. Tidak perlu khawatir, fitur baru ini bisa kamu nikmati secara gratis tanpa harus repot-repot melakukan langganan Telegram Premium. Selamat memilih dan semoga informasi diatas bisa membantu.

Also Read

Bagikan:

Tags

Satu pemikiran pada “Semakin Canggih! Ini 8 Deretan Fitur Canggih Telegram yang Berhasil Mengalahkan WhatsApp”

  1. Ping-balik: 7 Aplikasi Mirip dengan Ome TV Terbaik, Dijamin Aman dan Anti Banned – Kadjiro

Tinggalkan komentar