Mengenal Apa Itu Sistem Operasi Ubuntu : Kelebihan, Kekurangan dan Cara Installnya

Anggi Novita Sari

Mengenal Apa Itu Sistem Operasi Ubuntu

Kadjiro – Ubuntu merupakan sistem operasi yang pertama kali dirilis pada tahun 2004 oleh Mark Shuttleworth, pebisnis asal Afrika Selatan. OS kali ini adalah distribusi Linux berbasis Debian yang bersifat gratis sekaligus open source. Saat ini Ubuntu menjadi pilihan banyak orang, karena mempunyai kemudahan di dalam proses install dan pengoperasian. 

Ubuntu adalah sistem operasi yang dikelola dan dibiayai langsung oleh perusahaan bernama Canonical. Apabila kamu berminat untuk menggunakan Ubuntu, yuk simak penjelasan selengkapnya di bawah ini. 

Apa Itu Ubuntu ? 

Sebelum membahas lebih dalam mengenai apa itu Ubuntu, ada baiknya jika kamu mengetahui terlebih dahulu arti di balik nama tersebut. Jadi, Ubuntu merupakan filosofi Afrika Selatan yang menyebutkan “kepercayaan berbagi bisa menghubungkan semua manusia”.

Dimana, harapannya sistem operasi kali ini juga dapat menghubungkan interaksi manusia yang ada di seluruh dunia. Ubuntu merupakan sistem operasi favorit banyak orang mengingat kemudahannya di saat install maupun penggunaan. 

Sebut saja, desktop environment atau lingkungan desktop versi defaultnya yang bernama Unity. Unity mempunyai alat pencarian yang sangat kuat di dalam mencari berbagai aplikasi atau dokumen. 

Selain Unity, ada juga desktop environment yang bisa digunakan seperti KDE, XFCE, GNOME dan Mate. Sedangkan untuk jenis Ubuntu versi lainnya adalah Xubuntu, Lubuntu, Kubuntu, Ubuntu GNOME dan Ubuntu MATE. 

Tidak hanya sekedar sampai disitu, Ubuntu merupakan sistem operasi yang mempunyai sistem keamanan lebih baik untuk mencegah malware dibandingkan dengan Windows. Dengan keuntungan tersebut, Ubuntu merupakan sistem operasi gratis yang tidak membutuhkan lisensi. Sangat keren, bukan? 

Kelebihan Sistem Operasi Ubuntu 

Ada beberapa kelebihan Ubuntu yang harus kamu ketahui dan sebagai berikut daftar selengkapnya : 

  1. Gratis dan Mudah Digunakan 

Mungkin kamu sudah tahu, jika Ubuntu merupakan sistem operasi gratis. Namun, apakah kamu tahu jika sistem operasi Linux ini sangat mudah digunakan? Setelah selesai install, Linux bisa melakukan boot dengan baik di bagian hardware tanpa harus merubah apapun di dalam hard drive. 

Kamu juga bebas di dalam melakukan kustomisasi tampilan desktop pada saat Ubuntu. Tidak hanya sampai disitu, sistem operasi kali ini juga sudah didukung dengan User Interface (UI) yang memuaskan sehingga tidak membingungkan para penggunanya. Terakhir, Ubuntu adalah sistem operasi yang menyediakan banyak pilihan browser modern seperti Google Chrome, Firefox, Internet Explorer dan lain-lain. 

  1. Lebih Aman 

Tidak lupa juga, Ubuntu merupakan sistem operasi yang menawarkan tingkat keamanan yang lebih kuat dibandingkan lainnya. Jadi, kamu tidak butuh lagi yang namanya perlindungan dari aplikasi antivirus

Kekurangan Sistem Operasi Ubuntu 

Semua hal tentu mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing, tidak terkecuali dengan sistem operasi milik Ubuntu. Berikut adalah kekurangan dari sistem operasi Ubuntu : 

  1. Membutuhkan Adaptasi Supaya Terbiasa Menggunakan Ubuntu 

Apabila kamu baru pindah dari Windows ke Ubuntu, maka dibutuhkan beberapa waktu sampai pada akhirnya paham dengan semua fitur yang ada di dalamnya. Tampilan Ubuntu ini memang dapat dikustomisasi supaya mirip dengan Windows, tapi semua hal yang ada di dalamnya seperti tools atau program tentunya berbeda. 

  1. Pilihan Aplikasi yang Terbatas 

Sebelumnya sempat disebutkan, jika Ubuntu sudah dilengkapi dengan aplikasi video atau audio editor. Apabila dibandingkan dengan Windows, Ubuntu masih tertinggal sangat jauh sekali. 

Windows mempunyai banyak sekali opsi aplikasi yang bergantung dari spesifikasi perangkat. Akan tetapi, Ubuntu hanya memberikan penawaran aplikasi untuk beberapa fokus tertentu saja. 

  1. Kurang Cocok Digunakan untuk Gamer

Apabila kamu adalah seorang gamer, maka sistem operasi Ubuntu ini kurang disarankan karena tidak mempunyai dukungan untuk kebutuhan gaming. 

Cara Install Ubuntu 

Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan Ubuntu, apakah kamu sudah yakin untuk menggunakan sistem operasi Ubuntu? Apabila sudah yakin, sebagai berikut adalah cara install Ubuntu yang harus kamu lakukan : 

  1. Membuat USB atau DVD Live 

Cara install Ubuntu yang pertama adalah mengunduh dan membuat USB atau DVD Live terlebih dahulu. Di dalam sistem operasi Windows, salah satu cara untuk membuat DVD Live melalui Universal USB Installer. 

  1. Booting 

Masukkan Live USB atau disk ke komponen komputer, lalu hidupkan ulang perangkat tersebut. Pada saat komputer di boot, kamu bisa menekan tombol F10 dan F12 supaya dapat masuk ke dalam menu boot. Selanjutnya, tekan opsi boot dari USB atau Removable Media. 

  1. Instalasi (Pemasangan)

Cara berikutnya, kamu akan ditampilkan pilihan untuk install atau mencoba Ubuntu. Apabila kamu ingin mencobanya terlebih dahulu, maka bisa memilih opsi menu mencoba Ubuntu. Lalu, kamu akan menemukan opsi install Ubuntu di halaman desktop. 

Berikutnya kamu harus menentukan keyboard layout. Kamu juga dapat memilih layout default Ubuntu. Tidak lama dari itu, akan muncul dua pilihan instalasi yaitu Normal Installation dan Minimal Installation. 

Instalasi secara normal memungkinkan kamu memasang additional application. Misalnya, media players, games, web browser, office software dan utilities. 

Apabila hard disk dan kamu minim space, maka bisa memilih minimal installation. Kamu akan tetap mendapatkan perangkat lunak tambahan seperti web browser dan utilities secara basic. 

  1. Menyiapkan Partisi 

Untuk cara install Ubuntu berikutnya adalah menyiapkan partisi baru. Pada saat muncul “Installation Type” di halaman utama, maka bisa langsung memilih opsi menu “Something Else”. 

  1. Membuat Root, Swap dan Home 

Cara install Ubuntu dilanjutkan dengan cara membuat Root, Swap dan Home. Pada saat melakukan root, setidaknya mempunyai ruang sebesar 15 GB supaya nyaman digunakan. Seperti yang diketahui, bahwa semakin besar ukuran maka semakin baik juga kerjanya. 

  1. Mengikuti Instruksi Sampai dengan Selesai 

Setelah kamu berhasil membuat partisi, maka bisa melanjutkan dengan cara install Ubuntu sesuai dengan instruksi yang muncul di layar utama dari memilih timezone, membuat user baru. Lalu, tunggu sampai dengan proses pemasangan selesai dilakukan. 

Nah, itu dia penjelasan secara lengkap mengenai definisi, kelebihan, kekurangan dan cara install Ubuntu. Sangat disarankan untuk memahami dan memilih sistem operasi yang sesuai dengan kebutuhan kamu ya. Selamat mencoba dan semoga informasi diatas bisa bermanfaat. 

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar