8 Perbedaan Facebook dan Facebook Lite, Apa Saja?

Anggi Novita Sari

Perbedaan Facebook Lite dan Facebook 

Kadjiro – Pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan aplikasi satu ini. Ya, Facebook. Puncak eksistensi aplikasi yang satu ini sudah ada sejak tahun 2010 lalu. Namun, sampai dengan sekarang Facebook tetap berdiri dan menjadi platform digital untuk berbagai kalangan. 

Setelah beberapa tahun Facebook berdiri, munculah Facebook yang menjadi versi lite dari Facebook. Facebook Lite diperuntukkan bagi smartphone yang mempunyai spesifikasi rendah. Aplikasi ini juga bisa digunakan, meski internet sekitar kamu melambat

Lalu, apa saja perbedaan Facebook Lite dan Facebook? Yuk simak penjelasan selengkapnya dibawah ini. 

Perbedaan Facebook Lite dan Facebook 

Sebuah hal wajar, ketika aplikasi memunculkan versi lite-nya yang lebih sederhana secara tampilan dan lebih ringan. Akan tetapi, perbedaan Facebook Lite dan Facebook  tidak hanya disitu saja. 

Menurut dari halaman resmi dari Facebook, ada beberapa perbedaan Facebook Lite dan Facebook. Sebagai berikut adalah penjelasan selengkapnya : 

  1. Ukuran File 

Perbedaan Facebook Lite dan Facebook yang pertama adalah ukuran file dari aplikasi itu sendiri. Aplikasi Facebook saat ini mempunyai ukuran 64 MB. Sedangkan, untuk Facebook Lite sendiri hanya berukuran 2.1 MB. Perbedaanya sangat signifikan bukan? 

Facebook Lite banyak digunakan oleh para pemilik perangkat dengan kapasitas memori yang lebih kecil atau sudah lemot, ketika digunakan untuk mengoperasikan berbagai macam aplikasi. Facebook Lite juga menjadi pilihan alternatif oleh kamu yang tidak terlalu aktif di Facebook, tapi sesekali masih membuka aplikasi tersebut. 

Tentunya, perbedaan ukuran ini juga memberikan pengaruh terhadap sejumlah fitur dan tampilan yang telah tersedia. Kedua hal ini juga akan dibahas secara rinci di poin berikutnya.

  1. Tampilan Aplikasi 

Facebook dan Facebook Lite mempunyai perbedaan pada bagian tampilannya. Facebook mempunyai tampilan yang lebih mewah dan lengkap dibandingkan dengan Facebook Lite lebih sederhana. 

Tampilan yang sederhana pada Facebook Lite ini memang dibuat secara khusus supaya bisa beroperasi di berbagai jenis perangkat. Namun karena mode yang minimalis, kamu bisa menggunakan animasi atau efek sebanyak yang digunakan pada aplikasi Facebook biasa. 

  1. Fitur 

Perbedaan Facebook dan Facebook Lite berikutnya ada di segi fitur. Tentunya karena ukuran yang lebih besar, aplikasi Facebook asli menyediakan berbagai macam fitur yang bisa kamu gunakan untuk memaksimalkan suatu unggahan maupun pengalaman menggunakan aplikasi satu ini. 

Sebaliknya, aplikasi Facebook Lite yang sengaja dirancang menjadi lebih sederhana dan tidak mempunyai fitur sebanyak aplikasi Facebook aslinya. Jadi, akan ada kemungkinan kamu tidak mendapatkan pengalaman yang sama seperti di saat menggunakan aplikasi Facebook reguler. 

  1. Tampilan Foto dan Video 

Untuk perbedaan Facebook dan Facebook Lite berikutnya terletak di cara kedua aplikasi ini menampilkan foto dan video. Apabila kamu scrolling di Facebook dan menemukan postingan berupa foto dan video, maka Facebook akan menampilkan media tersebut secara otomatis. 

Hal tersebut berbeda dengan aplikasi Facebook Lite yang menyediakan berbagai pilihan untuk menampilkan video dengan ukuran kualitas lebih rendah. Tentunya, video yang ditampilkan ini juga akan lebih buram daripada versi aslinya. Akan tetapi, cara ini bisa digunakan untuk menghemat kuota

  1. Pemakaian Jumlah Kuota Internet 

Seperti yang sudah dibahas secara singkat di poin sebelumnya, bahwa aplikasi Facebook Lite membuat kamu lebih hemat di dalam penggunaan kuota. Hal ini karena kamu diberikan banyak pilihan untuk melihat media seperti foto dan video dengan kualitas lebih rendah. 

Pemilihan kualitas video yang lebih besar ini juga akan memakan kuota lebih besar juga. Aplikasi Facebook reguler membutuhkan koneksi dan kecepatan jaringan yang lancar supaya bisa digunakan. 

Sehingga, penggunaan kuotanya lebih besar dibandingkan dengan Facebook Lite. Sedangkan untuk mengoperasikannya aplikasi Facebook Lite, kamu tidak membutuhkan jaringan yang lancar maupun cepat. 

  1. Konsumsi Daya Baterai 

Konsumsi daya baterai juga menjadi salah satu perbedaan Facebook dan Facebook Lite. Hal ini merupakan salah satu imbas dari ukuran aplikasi. Artinya semakin besar ukuran aplikasinya, maka semakin besar juga konsumsi baterainya. 

Jadi, penggunaan aplikasi Facebook biasa lebih boros baterai dibandingkan dengan menggunakan Facebook Lite. Apabila smartphone kamu memorinya kecil dan ingin menghemat baterai sekaligus, maka disarankan agar menggunakan aplikasi Facebook versi Lite saja. 

  1. Support Perangkat 

Seperti yang diketahui, bahwa semakin berkembangnya waktu maka versi smartphone juga akan meningkat di setiap waktunya. Hal ini juga turut memberikan pengaruh terhadap penggunaan kedua aplikasi tersebut. 

Aplikasi Facebook hanya bisa digunakan pada smartphone dengan versi tertentu dan terbaru saja. Dengan hal ini membuat kamu tidak bisa menggunakan aplikasi Facebook, ketika smartphone yang dimiliki adalah versi lama. 

Tapi tenang saja, kamu tetap bisa beraktivitas di Facebook menggunakan Facebook Lite. Artinya, Facebook Lite ini bisa digunakan pada berbagai jenis perangkat. 

  1. Kecepatan Didalam Mengunggah Konten 

Perbedaan Facebook dan Facebook Lite yang paling akhir adalah di dalam kecepatan mengunggah konten seperti foto dan video. Untuk aplikasi Facebook biasa akan membutuhkan waktu lebih lama dibandingkan dengan mengunggah dari aplikasi Facebook Lite. Mengingat, kualitas unggahannya juga lebih baik dan jernih. 

Nah, itulah dia 8 perbedaan Facebook dan Facebook Lite yang harus kamu ketahui dan pahami. Kalau kamu kira-kira suka versi aplikasi Facebook yang mana untuk kepentingan pribadi atau jualan? Semoga informasi diatas bisa membantu kamu di dalam menentukan pilihan ya. 

 

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar