Pinterest : Pengertian, Fitur, Manfaat, Kelebihan dan Kekurangan

Anggi Novita Sari

Pengertian, Fitur, Manfaat, Kelebihan dan Kekurangan Pinterest

Kadjiro – Salah satu media sosial yang bagus untuk diikuti adalah Pinterest. Dimulai pada tahun 2010 lalu, Pinterest memberikan penawaran konsep yang unik dan berbeda dari layanan jejaring media sosial lainnya. 

Kamu nantinya bisa dengan bebas mengoleksi dan berbagi foto tanpa terkena limit. Untuk foto yang dibagikan tidak hanya foto yang diunggah, tapi juga foto milik pengguna dan situs lain. 

Untuk Twitter dan Facebook digunakan sebagai tempat membuat status menggunakan tulisan pendek. Sedangkan untuk Pinterest, momen yang dibagikan berbentuk foto dan dinamakan dengan “pin”. 

Sedangkan, untuk koleksi terbarunya dinamakan dengan “brand”. Bisa dikatakan, bahwa Pinterest adalah Instagram tapi berada di dalam versi yang jauh lebih kompleks. 

Apa Itu Pinterest? 

Pinterest merupakan virtual pinboard yang membuat para penggunanya membuat album maupun koleksi foto. Satu hal yang unik dari Pinterest, yaitu koleksi bisa dibuat dari unggahan sendiri maupun kumpulan foto pengguna lain yang bisa ditemukan di dalam Pinterest. 

Media sosial Pinterest bisa digunakan pada perangkat PC maupun ponsel. Karena fleksibel, maka membuat Pinterest sangat populer digunakan dan mempunyai banyak pengguna dibandingkan media sosial lainnya. 

Sama seperti dengan media sosial lainnya, Pinterest juga mempunyai longo maupun beberapa istilah yang harus dipahami. Berikut adalah beberapa istilah di dalam Pinterest : 

  • Pin : Konten visual yang dibagikan di Pinterest. 
  • Pinning : Mengunggah, membagikan atau menambahkan konten visual di dalam Pinterest. 
  • Repin : Membagikan pin milik pengguna Pinterest lainnya. 
  • Pinboard atau Board : Halaman maupun area pin yang akan digabungkan. Pada umumnya akan ditampilkan dengan tema yang sudah diatur oleh pengguna Pinterest. 
  • Pinner : Para pengguna Pinterest. 

Fitur Pinterest 

Karena sudah mempunyai banyak pengikut, tentunya Pinterest tidak bisa dijauhkan dengan dukungan fitur menarik di dalamnya. Berikut adalah beberapa fitur menarik di dalam Pinterest : 

  1. Koleksi dan Berbagi Foto 

Salah satu fitur utama di dalam Pinterest yang bisa kamu gunakan, yaitu berbagi foto yang sering disebut dengan Pin. Berbagi foto tersebut akan dikumpulkan berdasarkan dengan kategorinya. 

Misalnya, desain, gaya hidup, dekorasi, masakan dan lain-lain. Berbagai kategori ini disebut dengan nama Board di dalam aplikasi Pinterest. Board sendiri tidak hanya sekedar dapat diisi dengan foto unggahan pribadi, tapi juga Pin yang diunggah oleh pengguna lain. 

Pinterest juga bisa dijadikan sebagai tempat kumpulan koleksi foto yang berasal dari beberapa situs tertentu. Dengan menggunakan ekstensi Browser Button, maka para pengguna bisa melakukan pengambilan foto yang disukai dari pada situs tertentu dan dibagikan kembali kepada pengguna Pinterest lainnya. 

  1. Pesan 

Fitur kedua dari Pinterest yang bisa kamu gunakan, yaitu Pesan. Untuk fungsinya sendiri sama dengan fitur pesan pribadi di jejaring media sosial lainnya. Dengan menggunakan fitur ini, maka kamu bisa mengirim Pin ke pengguna lain yang sebelumnya sudah pernah dipilih. 

  1. Pertemanan 

Sebenarnya, pertemanan adalah fitur standar di setiap media sosial termasuk Pinterest. Akan tetapi, untuk sistem follower di aplikasi Pinterest ini mempunyai perbedaan. Para penggunanya nantinya bisa memutuskan untuk mengikuti Board tertentu tanpa harus mengikuti pemilik maupun penengahnya. 

  1. Hati 

Fitur berikutnya adalah Hati. Hati merupakan indikasi, ketika pengguna menyukai Pin tertentu. Fungsi Hati adalah sama seperti dengan tombol like di Facebook maupun Twitter. Bahkan, untuk tombol hati ini mempunyai bentuk secara khas dan terletak di bagian atas foto baris dengan tombol Send dan Pin. 

  1. Visual Search 

Di dalam Pinterest juga ada fitur visual search dengan naam Lens. Fitur yang satu ini bisa membuat para penggunanya bisa menemukan produk dari hasil foto kamera perangkat milik pribadi. 80% pengguna dari aplikasi Pinterest sudah menggunakan fitur yang satu ini, ketika ingin membeli sebuah produk. 

  1. Pinterest Browser Button 

Fitur berikutnya adalah Pinterest Browser Button yang bisa digunakan untuk menyimpan Pin gambar disukai. Extension ini juga sudah mendukung visual search agar pengguna bisa lebih mudah menemukan beberapa konten terkait di dalam aplikasi Pinterest. 

  1. Organisasi dan Pengaturan Ulang Board 

Pengguna nantinya juga akan diberikan kebebasan untuk mengatur board sesuai dengan keinginan. Ada tiga pilihan pengaturan yang bisa digunakan, yaitu : 

  • A to Z : untuk mengurutkan board berdasarkan dengan abjadnya. 
  • Las Saved to : untuk melakukan sortir board berdasarkan dengan waktu pembelian. 
  • Drag and Drop : untuk mengatur board dengan cara memindahkan maupun menggeser secara manual. 
  1. Group Boards

Apabila kamu sedang mengerjakan sebuah project bersama dengan keluarga maupun rekan, maka bisa menggunakan fitur Group Boards dari Pinterest. Fitur yang satu ini bisa digunakan, ketika kamu ingin melakukan kolaborasi bersama dengan pengguna lainnya. 

  1. Search dan Filter 

Dengan fitur yang satu ini, kamu tidak akan merasa kesulitan mencari konten yang sedang dibutuhkan. Kamu nantinya juga bisa melakukan sortir hasil pencarian atas dasar Pinboard dan juga penggunanya. 

Manfaat Pinterest 

Pinterest mempunyai beberapa manfaat dan sebagai berikut adalah daftar selengkapnya : 

  • Bisa memberikan banyak inspirasi. 
  • Promosi jasa maupun produk. 
  • Untuk meningkatkan traffic. 
  • Menambah conversion rates. 
  • Up to date dengan beberapa tren yang baru. 
  • Digunakan untuk berbagi informasi. 
  • Digunakan sebagai media promosi alternatif

Kelebihan dan Kekurangan Pinterest 

Masih sama seperti dengan media sosial lainnya, Pinterest ini juga mempunyai beberapa kelebihan dan kekurangan. Sebagai berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan Pinterest : 

Kelebihan  Kekurangan 
Bisa dijadikan sebagai sumber inspirasi dan berbagi.  Masih mempunyai banyak spam. 
Mempunyai fitur analytics.  Interaksi dengan pengguna tidak semasif media sosial lainnya. 
Untuk melakukan promosi blog maupun artikel. 
Terhubung dengan Instagram, Web dan Youtube 

 

Demikian penjelasan secara lengkap mengenai aplikasi Pinterest. Semoga penjelasan diatas bisa bermanfaat dan menambah informasi. 

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar