3 Rekomendasi Aplikasi Video Conference Terbaik, Gratis dan Mudah Digunakan!

Anggi Novita Sari

Aplikasi Video Conference 

KadjiroKebutuhan akan berkomunikasi tanpa bertatap muka secara langsung membuat aplikasi video conference seperti Zoom dan Google Meet terus digunakan oleh masyarakat. Masyarakat kini menjadikan aplikasi video conference sebagai pilihan utama untuk berkomunikasi, terutama di dalam keperluan bisnis, pendidikan dan lain-lain. 

Berdasarkan data dari CNN Indonesia, Zoom dan Google Meet terus mengalami kenaikan penggunaan sampai dengan 20%-30%. Untuk membantu kamu di dalam memilih aplikasi video conference yang sesuai dengan kebutuhan, dibawah ini sudah ada daftar lengkap dengan fitur, kelebihan dan kekurangan dari masing-masing aplikasi tersebut. 

Simak informasi ini sampai dengan tuntas untuk memastikan pengalaman video conference yang optimal dan sesuai dengan keperluan. 

Table of Contents

3 Aplikasi Video Conference 

Saat ini, mungkin kamu hanya mengenal aplikasi Zoom dan Google Meet saja. Padahal sudah banyak sekali aplikasi video conference populer yang bisa kamu jadikan sebagai pilihan. 

Pada saat memilih aplikasi video conference, ada satu hal yang harus diperhatikan yaitu fitur pendukung sesuai dengan kebutuhan. Sebagai berikut adalah daftar aplikasi video conference yang bisa kamu pilih dan gunakan : 

  1. Zoom 

Semua orang pasti sudah tidak asing lagi dengan aplikasi video conference satu ini. Zoom adalah salah satu aplikasi video conference yang paling populer dibandingkan lainnya. Tidak heran lagi, ketika aplikasi Zoom sudah diunduh lebih dari 681 juta kali di tahun 2020 lalu. 

Aplikasi Zoom mempunyai banyak fitur mendukung aktivitas meeting online. Contohnya, share screen, waiting room, rekam meeting, virtual background dan lain-lain. 

Bahkan, Zoom bisa menampung hingga 100 partisipan di dalam satu waktu. Namun, kamu harus berlangganan terlebih dahulu di saat ingin menggunakan di dalam kapasitas besar dan durasi lama. 

Apabila tidak ingin berlangganan, kamu tetap bisa menggunakan layanan dari aplikasi video conference ini. Namun, terbatas hanya untuk 100 pengguna dengan durasi maximal 40 menit. Layanan gratis ini bisa kamu manfaatkan untuk meeting singkat dan sejenis lainnya. 

Kelebihan Aplikasi Zoom 

Kekurangan Aplikasi Zoom 

Kualitas gambar dan audio menjadi salah satu kelebihan dari aplikasi Zoom. Video yang ditampilkan oleh aplikasi Zoom sudah mempunyai kualitas 720p (HD), meski menampung banyak pengguna. Selain itu, fitur breakout yang dimiliki oleh aplikasi Zoom bisa membantu kamu di dalam menyediakan ruang diskusi baru diluar forum utama.  Meski harga awal langganan aplikasi Zoom relatif terjangkau, namun seiring dengan bertambahnya peserta biaya langganan akan meningkat. Model paket langganan Zoom juga sangat beragam dan banyak add on yang membuat konsumen sulit memilih mana paket yang tepat. 

 

  1. Google Meet 

Google Meet menjadi aplikasi yang tergolong baru, karena secara resmi dibuat pada Maret 2017. Buat kamu yang belum tahu, Google Meet merupakan pengganti maupun penerus dari aplikasi sebelumnya bernama Hangouts Meet. 

Meski tingkat popularitasnya masih dibawah Zoom Meeting, Google Meet mempunyai jumlah pengguna yang cukup besar. Di dalam periode Januari dan April, Google Meet sudah diakses lebih dari 100 juta pengguna di kurun waktu sehari. 

Ada beberapa fitur yang dimiliki oleh aplikasi Google Meet seperti antarmuka yang menarik, kemudahan di dalam akses dan lain-lain. Dengan banyak fitur yang dimiliki oleh Google Meet, maka sudah wajar masyarakat memilih aplikasi tersebut.

Kelebihan Aplikasi Google Meet 

Kekurangan Aplikasi Google Meet 

Google Meet memberikan akses gratis tanpa batasan waktu, tapi terbatas hanya 30 orang saja. Selain itu, pihak Google juga sudah menjamin bahwa semua data yang kamu tampilkan di aplikasi Google Meet aman.  Apabila jaringan internet kurang stabil, maka hasil video yang muncul cenderung tidak maksimal. Jadi, pastikan kamu mempunyai jaringan internet yang stabil di saat menggunakan Google Meet. Selain itu, Google Meet juga belum mempunyai fitur untuk mengganti background. 

 

  1. Webex 

Kamu mungkin masih asing dengan aplikasi video conference berbasis web yang satu ini. Memang, untuk tingkat popularitas dari Webex di Indonesia masih belum besar seperti beberapa aplikasi sebelumnya. Akan tetapi, aplikasi ini memberikan banyak fitur menarik yang bisa kamu gunakan secara gratis. 

Webex adalah aplikasi tatap muka secara online yang memungkinkan kamu untuk melakukan audio dan video conferencing, web conferencing dan lain-lain. Aplikasi yang satu ini bisa menjadi salah satu pilihan alternatif selain Zoom Meeting, karena fitur dari Webex sebagian besar hampir sama dengan Zoom Meeting. 

Contohnya seperti setup priority view, set up layout view, recording, mute audience, sharing content, chat, live streaming dan lain-lain. Versi gratis dari Webex sedikit lebih baik dibandingkan Zoom Meeting. Webex memberikan durasi meeting selama 50 menit dan peserta bisa mencapai 100 orang. 

Kelebihan Aplikasi Webex

Kekurangan Aplikasi Webex

Webex mempunyai kelebihan di dalam fitur whiteboarding dan note taking. Software whiteboarding milik Webex sudah dinilai sangat fleksibel dan mempunyai tampilan UI yang simpel. Selain itu, breakout sesion yang dimiliki oleh Webex juga memungkinkan kamu untuk memecah rapat besar menjadi maksimal 100 sesi lebih kecil.  Dibandingkan dengan beberapa aplikasi video conference lainnya, user experience dari Webex terbilang kurang mumpuni. Begitu juga dengan tampilan user interface-nya. 

 

Setiap aplikasi video conference mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Baik itu, dari segi fitur, tampilan, kemudahan, kualitas, harga dan lain-lain. 

Sebelum memilih dan menggunakan salah satu aplikasi video conference, sebaiknya kamu terlebih dahulu mengetahui kebutuhan di dalam penggunaan video conference. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah di dalam memilih aplikasi video conference. 

Terimakasih sudah membaca artikel sampai dengan akhir. Semoga informasi diatas bisa membantu dan bermanfaat. 

Also Read

Bagikan:

Tags

4 pemikiran pada “3 Rekomendasi Aplikasi Video Conference Terbaik, Gratis dan Mudah Digunakan!”

  1. Ping-balik: Perbedaan Google Meet dan Zoom, Mana yang Terbaik?  – Kadjiro
  2. Ping-balik: 7 Merek Mic Wireless Terbaik dan Awet! – Kadjiro
  3. Ping-balik: Aplikasi Discord : Definisi, Kelebihan dan Kekurangan  – Kadjiro
  4. Ping-balik: Mengenal Apa Itu Google Kalender, Fitur dan Cara Menggunakannya – Kadjiro

Tinggalkan komentar