Cara Mengembalikan Foto Instagram yang Tidak Tersimpan di Galeri HP 

Anggi Novita Sari

Cara Mengembalikan Foto Instagram yang Tidak Tersimpan di Galeri HP 

Kadjiro – Masih bingung dengan cara mengembalikan foto Instagram yang tidak tersimpan di galeri HP? Tidak perlu khawatir, ada beberapa penyebab dan cara cepat untuk bisa mendapatkan kembali koleksi foto Instagram kamu. 

Seperti dengan aplikasi media sosial lainnya, Instagram mempunyai banyak filter yang membuat siapa saja jatuh hati dan ingin mengoleksi foto di dalam galeri HP. Namun, untuk permasalahan yang sering terjadi di saat mengunggah foto ke dalam feed atau story adalah tidak tersimpan di galeri. 

Apakah ada cara untuk menangani masalah tersebut? Untuk jawaban selengkapnya, kamu bisa simak penjelasan dibawah ini. 

Apa Itu Instagram? 

Instagram adalah aplikasi media sosial yang memungkinkan pengguna untuk berbagi foto dan video dengan dukungan beberapa filter atau mengambilnya sendiri menggunakan berbagai filter yang telah tersedia. Lalu, kamu bisa membagikan kepada sesama pengguna Instagram. 

Sebenarnya foto yang kamu unggah di halaman Instagram ini bersumber dari galeri HP. Namun, tidak sedikit dari kalangan masyarakat yang membutuhkan cara ini karena beberapa alasan tertentu. 

Contohnya, foto yang sudah kamu edit di fitur story tentunya akan berbeda dengan foto awal. Sehingga, kamu membutuhkan cara untuk mengembalikan foto di Instagram yang tidak tersimpan di galeri HP. 

Kenapa Foto di Instagram Tidak Bisa Tersimpan di Galeri HP? 

Sebelum menemukan solusinya, ketahui terlebih dahulu akar dari permasalahan kamu untuk mengatasi lebih cepat. Sebagai berikut beberapa faktor penyebab foto Instagram tidak tersimpan di Galeri HP : 

Penyebab 

Cara Mengatasi 

Koneksi internet yang bermasalah  Memeriksa dan mengganti akses. 
Belum menggunakan fitur simpan ke galeri HP Mengaktifkan fitur simpan secara otomatis. 
Adanya cache yang mengganggu Menghapus cache Instagram 
Aplikasi sedang mengalami bug Reinstall aplikasi Instagram 
Aplikasi berada di dalam versi lama Update aplikasi Instagram 

 

Cara Mengembalikan Foto di Instagram Tidak Bisa Tersimpan di Galeri HP 

Cara mengembalikan foto di Instagram yang tidak tersimpan di galeri bisa dilakukan dengan mudah. Namun perlu kamu ketahui, bahwa cara ini berhasil dilakukan apabila permasalahan tidak bersumber dari perangkat HP. Berikut adalah beberapa cara mengembalikan foto di Instagram tidak bisa tersimpan di Galeri HP : 

  1. Memeriksa Jaringan Internet 

Langkah pertama dari cara mengembalikan foto Instagram yang tidak tersimpan di galeri adalah memeriksa jaringan internet. Seperti yang diketahui, semua aktivitas di jejaring media sosial membutuhkan jaringan internet stabil

Aktivitas menyimpan foto ke dalam galeri juga membutuhkan jaringan internet yang baik. Jika jaringan internet lemot akan membuat foto semakin lambat dan bahkan gagal muncul di galeri. Segera lakukan pengecekan jaringan internet dan ganti jaringan untuk mengakses internet  

  1. Mengaktifkan Fitur Simpan Otomatis di Galeri HP 

Bagi pemula sebenarnya perlu mengaktifkan fitur simpan secara otomatis ke galeri HP agar semua unggahan di story dan feed bisa tersimpan langsung. Apabila tidak mengaktifkannya, jangan heran ketika foto tersebut tidak tersimpan. Lakukan langkah berikut untuk mengaktifkan fitur simpan foto di Instagram secara otomatis di galeri HP : 

  • Pertama, kamu bisa membuka aplikasi Instagram terlebih dahulu. 
  • Klik ikon tambah “cerita” seperti biasanya, lalu temukan tanda pengaturan di halaman tersebut. 
  • Langkah berikutnya adalah memilih opsi menu “cerita” dan lalu klik untuk melihat detail dari pengaturan tersebut. 
  • Untuk mengaktifkan fitur simpan ke galeri HP, kamu cukup memilih menu “simpan cerita ke galeri” dengan menggeser tanda aktif ke sebelah kanan. 
  • Apabila sudah, pastikan cara diatas sudah berhasil dilakukan dan mencoba unggah foto di story. 

Sebenarnya tidak hanya mengunggah foto di cerita Instagram, kamu juga terbiasa mengunggah foto ke feed Instagram. Namun semua aplikasi Instagram sudah mengaktifkan fitur unggah di feed yang langsung tersimpan di galeri HP. 

  1. Menghapus Cache Instagram 

Cache adalah data yang bersifat secara sementara. Semakin banyak kamu menggunakan Instagram, maka semakin banyak jumlah cache dari aplikasi tersebut. 

Keberadaan cache ini tentu akan memberikan pengaruh terhadap kinerja HP seperti menyimpan foto yang sudah kamu unggah. Menghapus cache merupakan cara mengembalikan foto Instagram yang tidak tersimpan di galeri HP. Berikut adalah cara mudah untuk menemukan menghapus cache di semua jenis HP : 

  • Temukan pengaturan di HP, lalu klik dan buka opsi menu “aplikasi dan notifikasi”. 
  • Disini, kamu bisa melihat semua aplikasi yang sudah terpasang di HP. 
  • Pilih aplikasi “Instagram” dan klik opsi menu “penyimpanan dan cache”. 
  • Langkah terakhir adalah menghapus cache. Lalu  mencoba unggah foto di Instagram dan cek keberadaan foto di dalam galeri HP. 
  1. Reinstall Aplikasi Instagram 

Hapus lalu download kembali atau sering dikenal dengan reinstall adalah salah satu cara untuk mengembalikan foto Instagram yang tidak tersimpan di galeri HP. Biasanya, aplikasi yang sulit dijalankan akan mengalami bug dan penyebabnya bermacam-macam namun umumnya berada di penyimpanan HP. 

Untuk menangani masalah ini, kamu bisa uninstall lalu download kembali aplikasi Instagram. Seperti cara di atas, kamu bisa mencoba unggah foto di Instagram dan memeriksa apakah foto tersebut sudah tersimpan di galeri HP atau belum. 

  1. Update Instagram 

Update adalah opsi lain yang bisa digunakan untuk mengembalikan kinerja aplikasi. Sudah tidak jarang kamu melihat beberapa aplikasi berjalan baik setelah dilakukan update. Maka dari itu, untuk memperbaiki kinerja aplikasi Instagram sebaiknya kamu melakukan pembaharuan terlebih dahulu. 

Selain mendapatkan kembali foto, melakukan update memungkinkan kamu mendapatkan yang baru saja diluncurkan. Apabila kamu tidak ingin reinstall aplikasi, mungkin cara ini bisa dilakukan dan permasalahan  ini bisa segera teratasi. 

Itulah dia cara mengembalikan foto di Instagram yang tidak bisa tersimpan di galeri HP. Apabila kamu mengalami masalah tersebut, silahkan menggunakan salah satu cara di atas setelah mengetahui penyebab foto tidak dapat tersimpan di galeri HP. Semoga informasi diatas bisa bermanfaat. 

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar