Penyebab dan Cara Mencegah HP Meledak

Anggi Novita Sari

Penyebab dan Cara Mencegah HP Meledak
Penyebab dan Cara Mencegah HP Meledak

Kadjiro – Kenapa HP yang kamu miliki bisa meledak? Hati-hati dengan baterai yang ada diĀ  smartphone milikmu. Mari cari tahu penyebab dari HP meledak dan cara mengatasinya.

Pernahkah kamu mendengar kasus HP yang tiba-tiba meledak sendiri? Hal ini tentu sangat amat berbahaya, karena bisa membuat orang lain yang ada sekitar menjadi luka-luka.

Insiden ini sudah pernah terjadi hingga berkali-kali, baik kasus di dalam negeri maupun luar negeri. Mungkin kamu juga pernah mendengar berita ini yang tentunya membuatmu menjadi lebih waspada.

Tidak peduli dengan merek HP apapun dari yang entry level hingga kelas flagship bisa saja mengalami hal serupa. Belum lama ini ada juga kasus serupa yang menimpa seorang anak-anak yang masih duduk di bangku SD.

Nah, untuk kamu yang penasaran dengan permasalahan kenapa HP tiba-tiba bisa meledak sendiri. Yuk, langsung saja simak penjelasan lebih lengkap dan jelasnya dibawah ini.

Penyebab dan Cara Mencegah HP Meledak

Ada banyak sekali penyebab dan cara mengatasi HP meledak yang harus kamu ketahui dan sebagai berikut penjelasan lengkapnya :

Menggunakan Fast Charging

Di zaman yang serba modern seperti sekarang, siapa yang tidak tertarik dengan fitur fast charging? Apalagi, ketika kamu termasuk orang yang super sibuk dengan jadwal pekerjaan harian sangat ketat. Menggunakan fast charging untuk mengisi baterai HP ini pasti akan menjadi pilihan terfavorit.

Sebab, tidak seperti dengan charging normal atau show charging yang membutuhkan waktu pengisian baterai hingga berjam-jam. Dengan fast charging kamu bisa membuat baterai HP menjadi cepat penuh di dalam waktu singkat.

Ada beberapa produsen HP bahkan memberikan fast charging yang hanya membutuhkan waktu 15 menit saja untuk kapasitas baterai jumbo. Hal ini tentu berbanding terbalik dengan slow charging yang biasanya membutuhkan waktu kurang lebih 3 jam untuk mengisi baterai HP sampai penuh.

Namun, tahukah kamu kalau fitur fast charging yang tampak menarik ini merupakan penyebab baterai HP meledak? Ya, benar sekali meski tidak semua namun rata-rata kasus HP yang baterainya meledak atau terbakar ini kebanyakan menggunakan fast charging.

Pada saat kamu menggunakan fast charging, maka pengisian akan lebih cepat. Namun, panas yang dihasilkan ini juga akan jauh lebih tinggi dibandingkan dengan menggunakan slow charging.

Faktor panas yang berlebihan ini menjadi kontroversi sampai dengan sekarang. Sebab, meski produsen HP mengklaim bahwa fitur fast charging adalah aman digunakan. Namun, pada kenyataanya kasus HP meledak masih sering terjadi.

Dengan beralih menggunakan slow charging atau normal charging, maka setidaknya bisa mencegah terjadinya kasus HP meledak. Sebab meskipun memakan waktu pengisian baterai yang lebih lama, tapi suhu baterai tetap bisa terjaga. Cara tersebut bisa digunakan untuk menghindari terjadinya beberapa hal yang tidak diinginkan pada saat sedang mengisi daya baterai.

Menggunakan Charger Abal-Abal

Saat ini ada banyak sekali macam-macam pilihan aksesoris smartphone yang bisa dibeli secara offline maupun online. Salah satu diantaranya, yaitu charger HP yang mungkin kamu juga gunakan di setiap hari.

Mengingat HP modern saat ini sudah ada yang menjual tanpa charger, tentunya membuat kamu harus membeli charger sendiri. Atau bisa juga, karena charger original bawaan HP kamu hilang atau rusak. Jadi, kamu harus beli charger baru agar bisa digunakan untuk mengisi baterai HP di saat sudah lowbat.

Masalah muncul, ketika ada banyak varian charger mulai dari yang original dengan harga mahal hingga merek abal-abal dengan harga lebih murah. Jangan sampai kamu mudah tergiur dengan charger HP merk abal-abal dengan harga yang murah.

Kamu sangat direkomendasikan untuk menggunakan charger HP original yang memang sudah sesuai dengan spesifikasi pabrik. Dengan selalu menggunakan charger original yang sesuai spesifikasi aslinya, maka bisa mencegah terjadinya insiden baterai HP meledak.

Menyimpan HP Di Ruangan Panas

Seperti kamu ketahui, bahwa smartphone modern saat ini masih menggunakan baterai lithium yang mudah meledak karena tidak tahan dengan panas. Pada saat menyimpan HP baik itu di dalam waktu lama atau sebentar sebaiknya selalu meletakkan di tempat yang sejuk.

Apabila kamu meletakkan HP di sembarang tempat, seperti di dalam mobil yang terjemur maka sangat berbahaya. Mobil yang terparkir lama dengan posisi kena cahaya matahari secara langsung ini sudah pasti akan menghasilkan suhu yang panas di dalam kabinnya.

Smartphone atau HP yang disimpan di dalam kabin mobil panas, maka bisa meningkatkan resiko terbakarnya baterai HP hingga terjadi ledakan. Hal buruk seperti ini bisa terjadi dan tidak hanya pada merek HP tertentu saja, tapi bisa terjadi semua merk HP dengan semua varian seri yang ada saat ini.

Cacat Pabrik

Penyebab yang satu ini mungkin sudah termasuk jarang sekali terjadi. Akan tetapi, ada kalanya bisa terjadi akibat cacat pabrik. Ada beberapa produsen HP denganĀ  nama besar yang tidak akan luput dengan beberapa produk buatannya mengalami cacat produksi.

Sangat penting sekali untuk menyimpan kartu garansi agar di saat HP kamu mengalami kerusakan yang bukan dari kesalahan pengguna, maka bisa diklaim dengan segera. Disarankan untuk kamu membeli HP dari penjual terpercaya.

Sebab, sampai dengan sekarang masih ada berbagai merek HP yang bukan termasuk merk asli. Pastikan kamu membeli HP apapun dengan merek yang memang asli atau bukan barang KW.

Itulah dia beberapa penyebab dan cara mencegah HP meledak yang harus kamu perhatikan. Semoga penjelasan diatas bisa menambah wawasan untuk kamu,ya!

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar