Akun TikTok Diblokir Permanen? Ini Dia Penyebab dan Cara Mengembalikannya!

Anggi Novita Sari

Akun TikTok Diblokir Permanen? Ini Dia Penyebab dan Cara Mengembalikannya!
Akun TikTok Diblokir Permanen? Ini Dia Penyebab dan Cara Mengembalikannya!

Kadjiro – Akun TikTok kamu sedang diblokir permanen? Jangan khawatir, saat ini ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mencoba mengatasi permasalahan tersebut.

Meskipun tidak ada jaminan kesuksesan, tapi dengan menggunakan beberapa langkah dan mengikuti prosedur yang tepat kamu diberikan peluang untuk mendapatkan kembali akun TikTok tersebut. Di masa sekarang, TikTok sudah menjadi aplikasi populer yang banyak digunakan oleh masyarakat.

Bukan hanya generasi muda, hampir semua generasi kini aktif menggunakan aplikasi TikTok. Namun tidak jarang banyak pengguna yang menggunakan aplikasi ini mengalami akun miliknya diblokir secara permanen karena suatu alasan.

Lalu, bagaimana cara mengatasi akun TikTok yang diblokir? Berikut akan diberikan penjelasan lengkap mengenai cara mengembalikan akun TikTok yang diblokir serta penyebabnya.

Cara Mengembalikan Akun TikTok yang Diblokir

Seperti yang sudah disebutkan diatas, kamu bisa mengembalikan akun TikTok yang diblokir dari fitur pusat bantuan. Dibawah ini ada beberapa cara mengembalikan akun TikTok yang bisa kamu coba :

Melaporkan Masalah Ke Dukungan Pelanggan TikTok

Sebagai berikut adalah cara melaporkan masalah ke dukungan pelanggan TikTok :

  • Membuka aplikasi “TikTok” di HP yang kamu gunakan.
  • Ketik ikon “profil”.
  • Lalu, buka menu “privasi dan pengaturan”.
  • Sekarang, kamu ketuk opsi “laporkan masalah” yang disediakan di bawah menu “dukungan”.
  • Membuka opsi “akun” dan “profil”.
  • Pilih halaman “profil” atau ketuk “lainnya”.
  • Klik “masih ada masalah”.
  • Tuliskan masalah kamu di kotak dan jelaskan kenapa kamu yakin akun milikmu tidak seharusnya diblokir.
  • Kemudian, klik “laporkan masalah”.

Mengajukan Banding Melalui Surel

Pada saat memohon untuk mendapatkan akun TikTok yang diblokir, ingatlah untuk mencantumkan alamat surel dan detail akun milikmu. Selain itu, kamu juga tidak disarankan menggunakan bahasa kasar atau ujaran kebencian untuk memulihkan akunmu. Jelaskan situasi dan masalah secara detail kepada tim.

Namun, menyakinkan mereka untuk mengembalikan akun kamu bukan hal yang mudah. Kamu tidak bisa hanya mengirimkan surel sekali dan berharap langsung mereka memenuhi permintaanmu. Artinya, kamu harus mengajukan permohonan yang sama disetiap hari sampai akun TikTok yang diblokir dikembalikan.

Menggunakan Formulir Umpan Balik

Tiktok menyediakan formulir umpan balik untuk mengatasi rasa ketidaknyamanan. Di saat kamu ingin memulihkan akun TikTok yang diblokir secara permanen, maka bisa menggunakan formulir ini.

Untuk menggunakan formulir ini, pertama-tama kamu bisa membuka formulir “bagikan umpan balik”. Formulir umpan balik ini dibuat untuk pengguna TikTok supaya bisa berbagi pengalaman dari aplikasi TikTok. Namun, kamu juga bisa menggunakan formulir ini untuk melaporkan masalah terkait akun milikmu.

Penyebab Akun TikTok Diblokir Secara Permanen

Seiring dengan meningkatnya jumlah pengguna dari aplikasi ini, maka banyak pengguna tidak sadar akan kesalahan yang dilakukan di saat menggunakan TikTok. Dibawah ini ada beberapa penyebab akun TikTok diblokir secara permanen :

Tindakan Spam

Salah satu penyebab utama dari pemblokiran akun TikTok adalah tindakan spam. Misalnya, menjual atau membeli penayangan, komentar, suka, pengikut atau berbagai jenis spam lainnya yang melanggar pedoman dari aplikasi TikTok. Selain itu, meniru identitas orang lain dengan maksud menyesatkan ini juga bisa menjadi penyebab pemblokiran akunmu.

Indikasi Peretasan Akun

Apabila seseorang mencoba masuk dengan akun yang bukan miliknya dan terjadi kesalahan di dalam memasukkan kata sandi berkali-kali, maka hal tersebut menjadi penyebab akun TikTok diblokir. Hal ini mirip dengan situasi di saat kamu salah memasukkan PIN ATM beberapa kali dan kartu ATM kamu secara otomatis diblokir.

Unsur Penipuan

Apabila ada laporan dari pengguna lain tentang adanya penipuan atau pelanggaran lainnya, hal itu bisa menjadi alasan TikTok diblokir sementara. Laporan penipuan TikTok ini akan ditinjau, diverifikasi dan ditindaklanjuti oleh pihak tim pengembang aplikasi TikTok.  Apabila akun yang dilaporkan memang terbukti melakukan penipuan, maka akun tersebut akan diblokir secara permanen.

Pengguna Belum Cukup Umur

Apabila pemilik akun TikTok belum cukup umur, maka hal tersebut akan menjadi penyebab pembatasan akun karena sudah melanggar ketentuan yang telah ditetapkan oleh aplikasi TikTok.  Maka dari itu, TikTok yang digunakan oleh anak dibawah 13 tahun harus diawasi oleh pihak orang tua.

Intimidasi atau Pelecehan Konten

Pengguna TikTok yang membuat konten berisikan pelecehan atau intimidasi terhadap orang lain, maka akan mengalami pemblokiran akun. Tindakan ini bisa menjadi penyebab efek negatif para penonton yang melihat video tersebut. Sehingga, pihak pengembang akan menghapus video tersebut.

Konten Berisi Narkoba dan Obat Terlarang

Tidak hanya pada TikTok, adanya indikasi kampanye terhadap narkoba atau obat terlarang ini juga menjadi penyebab pemblokiran akun. Video yang memperagakan penggunaan narkoba, merek atau jenis obat terlarang di dalam konten akan mengalami pemblokiran.

Pengguna Tagar Sensitif

Tagar yang memicu keributan atau tagar yang mengintimidasi pihak tertentu juga dilarang di dalam aplikasi TikTok. Pembuatan tagar semacam ini juga bertujuan untuk memperburuk situasi yang ada saat ini dan bisa melukai lebih banyak orang. Kamu juga bisa melihat daftar tagar yang sering digunakan oleh pengguna TikTok di halaman “For You”.

Video Berisikan Provokasi dan Kriminalitas

Faktor lain yang menjadi penyebab akun TikTok adalah adanya konten provokasi atau melibatkan tindakan kriminal. TikTok mempunyai kebijakan untuk memberikan perlindungan kepada para pengguna dari segala jenis tindakan kekerasan maupun kriminalitas.

Demikian penjelasan secara lengkap dan jelas mengenai cara dan penyebab akun TikTok diblokir permanen. Semoga informasi diatas bisa menambah informasi, khususnya kamu yang menggunakan aplikasi TikTok.

Also Read

Bagikan:

Tags

Satu pemikiran pada “Akun TikTok Diblokir Permanen? Ini Dia Penyebab dan Cara Mengembalikannya!”

  1. Ping-balik: Cara Jitu Mendapatkan Uang Dari TikTok, Pemula Harus Wajib Coba! – Kadjiro

Tinggalkan komentar