6 Aplikasi yang Harus Tersedia di Laptop, Segera Install!

penjaga

6 Aplikasi yang Harus Tersedia di Laptop
Source Img: https://images.app.goo.gl/BzbYzDzBcbaCJPzD6

Pada saat membeli perangkat laptop baru, kamu mungkin merasa bingung dengan apa saja aplikasi yang harus di install. Pasalnya, mempunyai aplikasi sesuai dengan spesifikasi laptop ini bisa menunjang pekerjaan dan mengoptimalkan kinerja perangkat tersebut. Untuk mengetahui daftar aplikasi apa saja yang harus di install, yuk langsung saja simak penjelasan dibawah ini.

Daftar Aplikasi yang Harus Ada di Laptop

Bagi kamu yang selalu bekerja menggunakan laptop, mempunyai sejumlah aplikasi ini bisa membantu di dalam menyelesaikan tugas kantor maupun kuliah lebih cepat. Lantas, apa saja aplikasi yang harus ada di laptop kamu? Untuk mengurangi rasa penasaran kamu, sebagai berikut daftar aplikasi yang harus ada di laptop baru :

1. Internet Browser

Salah satu aplikasi yang harus ada di laptop mahasiswa, yaitu internet browser. Misalnya, Google Chrome atau Microsoft Edge. Google Chrome merupakan salah satu internet browser yang paling banyak diminati oleh para pengguna laptop. Sebab, Google Chrome mempunyai tampilan yang sederhana dan banyak ekstensi untuk membantu di dalam menyelesaikan pekerjaan.

Namun, sayangnya Google Chrome memakan kapasitas penyimpanan laptop yang sangat besar. Akibatnya, laptop dengan spesifikasi rendah akan terasa berat di saat menjalankan aplikasi tersebut.

Sehingga, untuk kamu yang mempunyai laptop rendah disarankan menggunakan Microsoft Edge sebagai alternatif internet browser. Pasalnya, aplikasi ini sangat ringan dan tidak boros baterai.

2. Microsoft Office

Microsoft Office merupakan daftar aplikasi yang harus ada di laptop baru, terlebih jika kamu adalah seorang karyawan maupun mahasiswa. Pasalnya disaat download dan install aplikasi ini, kamu akan secara otomatis mendapatkan sejumlah software bawaan dari Microsoft Office. Sebagai berikut jenis aplikasi dibawah naungan Microsoft :

  • Microsoft Word adalah aplikasi pengolah kata.
  • Microsoft Excel adalah aplikasi pengolah angka yang sudah dilengkapi dengan fitur pembuatan grafik.
  • Microsoft PowerPoint adalah aplikasi yang membantu kamu untuk membuat presentasi.
  • Microsoft OneNote adalah aplikasi yang bisa digunakan sebagai buku catatan digital.
  • Microsoft OneDrive adalah aplikasi yang bisa membantu di dalam menyimpan, melindungi dan membagikan dokumen penting di dalam perangkat kamu.
  • Microsoft Outlook adalah aplikasi yang berfungsi untuk mengirim dan menerima pesan, menyimpan kontak, mengelola kalender dan melacak tugas.
  • Microsoft Teams adalah aplikasi yang bisa membantu pekerjaan remote untuk melakukan konferensi secara daring.

3. Aplikasi Antivirus

Selain beberapa aplikasi yang sudah disebutkan diatas, kamu juga harus download aplikasi satu ini untuk membersihkan virus atau malware. Pasalnya, virus atau malware ini bisa merusak keamanan laptop beserta dokumen di dalamnya.

Maka dari itu, kamu harus install aplikasi antivirus seperti McAfee, Windows Security Kaspersky, Avast AntiVirus dan lain-lain. Tujuan melakukan instalasi aplikasi antivirus adalah untuk mendeteksi dan melindungi perangkat kamu dari serangan virus.

4. Aplikasi Pemutar Video

Daftar aplikasi yang harus ada di laptop selanjutnya, yaitu aplikasi pemutar video. Pada dasarnya, setiap pengguna laptop membutuhkan hiburan untuk menghilangkan rasa penat akibat rutinitas yang padat.

Oleh karena itu, aplikasi pemutar video menjadi salah satu kebutuhan untuk menonton film. Ada beberapa jenis aplikasi pemutar video yang bisa kamu pilih, yaitu Media Player Classic, KMPlayer, GOM Player dan lain-lain.

5. Ccleaner Free

CCleaner Free menjadi salah satu aplikasi yang harus ada di laptop setelah melakukan install ulang. Pasalnya, aplikasi yang satu ini bisa membantu kamu di dalam mendeteksi sampah yang membuat laptop berjalan lambat.

Ada beberapa sampah yang bisa dibersihkan dengan aplikasi ini, seperti registry pada Windows 10, cache browser dan file temporary. Di samping itu, aplikasi yang satu ini juga menyediakan versi gratis dan berbayar. Dengan menggunakan versi gratisnya, kamu sudah bisa menikmati sejumlah fitur yang lengkap tanpa harus mengeluarkan biaya sama sekali.

6. ZIP WinRar

Aplikasi yang harus ada di laptop mahasiswa, yaitu ZIP WinRar. Melalui aplikasi yang satu ini, kamu bisa mengarsipkan atau kompres file dengan format ZIP maupun RAR.

Sehingga, dengan format ZIP atau RAR kamu bisa menghemat memori laptop. Sebab, aplikasi yang satu ini akan memadatkan ukuran file sampai dengan 40% lebih kecil.

7. Sticky Notes

Sticky Notes merupakan salah satu daftar aplikasi yang harus ada di laptop, karena dapat membantu kamu di dalam membuat jadwal harian maupun pengingat. Melalui aplikasi ini, kamu tidak perlu lagi menyusun to do list secara harian dengan menempelkannya di dinding. Pasalnya, dengan aplikasi Sticky Notes kamu bisa menyusun daftar pekerjaan harian dan memasangnya di layar laptop.

8. PDF Reader

Aplikasi PDF Reader ini termasuk di salah satu aplikasi yang harus dimiliki oleh kalangan mahasiswa. Seperti yang diketahui, bahwa seorang mahasiswa sering sekali membaca referensi di dalam format PDF. Maka dari itu, dengan menggunakan aplikasi ini akan membantu kamu di dalam proses pengerjaan tugas. Ada banyak jenis aplikasi PDF yang bisa kamu pilih, seperti Adobe Acrobat Reader, WPS Office, Nitro PDF dan lain-lain.

9. Spotify

Spotify merupakan aplikasi streaming musik yang bisa di download secara gratis di laptop. Dengan menggunakan aplikasi ini, kamu bisa menemukan banyak lagu lama atau baru dan streaming secara legal.

Pada saat kamu download aplikasi yang harus ada di laptop ini, kamu bisa mengerjakan tugas kantor atau kuliah sambil mendengarkan musik. Dengan hal tersebut kamu akan terhindar dari resiko stress akibat pekerjaan.

Demikian sejumlah penjelasan mengenai daftar aplikasi yang harus ada di laptop. Apabila kamu mempunyai sejumlah aplikasi diatas, maka bisa membantu di dalam mengerjakan tugas kantor lebih efektif.

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar