Yuk, Ketahui Jenis Bahan Bakar Kapal Laut Beserta Karakteristiknya

TRISULA

Jenis Bahan Bakar Kapal Laut

Kapal seringkali digunakan untuk membawa penumpang dari tempat satu ke tempat lainnya melalui perairan. Tapi apakah kamu tahu jenis bahan bakar laut itu apa? Sebelumnya, kamu harus tahu bahwa laut merupakan wilayah ⅔ dengan keanekaragaman hayatinya yang terkenal cantik dan indah.

Definisi Kapal Laut

Kapal merupakan salah satu kendaraan air yang sudah digunakan sejak zaman dahulu. Selain untuk mengangkat penumpang, kapal laut juga berfungsi untuk mengangkut barang, menyeberangi pulau satu ke pulau lainnya, serta bisa digunakan sebagai komponen pasar apung. Apa kamu tahu perahu? Kira-kira perbedaan kapal laut dan perahu apa, ya?

Dilihat dari bentuknya, kapal mempunyai bentuk yang lebih besar dibandingkan dengan perahu. Bahkan, kapal mampu mengangkut banyak perahu berukuran kecil. Biasanya perahu akan digunakan dalam keadaan mendesak. Secara garis besar, perbedaan antara keduanya terlihat dengan jelas.

Perlengkapan Kapal Laut

Kapal laut dilengkapi dengan berbagai alat agar bisa berjalan diatas air. Alat tersebut menjadi komponen utama untuk memulai pelayaran agar berjalan dengan efektif. Perlengkapan kapal laut dibagi menjadi empat bagian, yaitu:

1. Alat Navigasi

Alat navigasi merupakan alat yang bisa menunjukkan arah saat kapal laut sedang berlayar. Alat navigasi terdiri dari beberapa bagian, yaitu: kompas, barometer, radar, klinometer, sonar, fish finder atau echo finder, serta hydrometer.

2. Alat Penolong

Alat penolong yaitu alat yang digunakan untuk menolong penumpang jika terjadi hal yang tidak diinginkan. Biasanya alat penolong ini dilengkapi dengan alat yang lainnya, seperti: rompi penolong/baju rakit, sekoci, rakit kembung, dan alat pelempar tali.

3. Pemadam Kebakaran

Alat pemadam kebakaran sangat berguna untuk menjamin keamanan pada kapal laut. Selain itu, alat pemadam kebakaran terdiri dari beberapa bagian, yaitu: hydrant, dry chemical, selang pemadam, water pressure, dan alat penting lainnya.

Selain ketiga alat diatas, kapal laut juga dilengkapi dengan perlengkapan lainnya. Perlengkapan tersebut meliputi: alat berlabuh jangkar, sarana tambat labuh, dan beberapa alat yang berguna untuk mempermudah dalam pengangkatan beban.

Jenis-jenis Kapal Laut

Seiring berkembangnya teknologi, kapal juga mengalami perubahan yang semakin modern. Berikut jenis-jenis kapal laut yang bisa kamu ketahui.

1. Kapal Dayung

Kapal dayung adalah salah satu kendaraan laut yang digerakkan dengan bantuan tenaga manusia. Selain itu, kapal dayung sering ditemukan di perairan dangkal yang ada di tempat wisata. Kapal dayung biasanya dikemudikan oleh seseorang (pendayung) dan penjaga keselamatan penumpang.

2. Kapal Layar

Kapal layar atau perahu bercadik biasanya akan bergerak dengan bantuan angin. Namun, teknologi berkembang pesat sehingga kapal ini sudah dilengkapi dengan mesin tempel. Mesin tersebut berguna untuk meminimalisir angin agar tidak terlalu kencang saat digunakan.

4. Kapal Selam

Kapal selam adalah kapal yang digunakan untuk mengarungi kedalaman laut. Kapal ini digunakan untuk menelusuri kepentingan laut dalam dan kepentingan militer. Pada zaman dulu, kapal selam berperan penting yang menjadi sumber kekuatan utama angkatan laut.

5. Kapal Pesiar

Kapal pesiar biasanya digunakan untuk kebutuhan wisata. Kapal ini dilengkapi dengan fasilitas lengkap untuk menambah kenyamanan penumpang. Uniknya, kapal pesiar memiliki fasilitas penginapan yang tak kalah saing dengan hotel berbintang. Hal ini terjadi karena kapal pesiar akan berlayar dalam kurun waktu yang relatif lama.

Jenis Bahan Bakar Kapal Laut dan Karakteristiknya

Sama halnya dengan kendaraan di daratan seperti motor dan mobil, bahwa kapal laut juga membutuhkan bahan bakar untuk menunjang pelayaran. Bahan bakar kapal laut berfungsi sebagai penggerak mesin ada pada kapal laut. Berikut 5 jenis bahan kapal laut dan karakteristiknya;

1. Marine Fuel Oil

Marine Fuel Oil (MFO) adalah bahan bakar kapal laut yang digunakan untuk pembakaran dapur industri berskala besar. Selain itu, Marine Fuel Oil juga menjadi penggerak utama pada mesin kapal laut perputaran rendah.

Selain itu, Marine Fuel Oil merupakan pembakaran cepat yang terjadi antara senyawa dan oksigen yang mengakibatkan terjadinya pirolisis.

Pirolisis yaitu pemecahan termal molekul menjadi molekul yang kecil. Pemecahan tersebut terjadi tanpa adanya bantuan dari oksigen.

2. High Sulphur Fuel Oil (MFO 180)

High Sulphur Fuel Oil merupakan bahan bakar mesin diesel dengan putaran rendah <300 rpm serta maksimal kekentalan 180 cSt, dan kadar sulfur maksimal 3.5% v/v. HSFO biasanya digunakan di bagian luar dan dalam pada industri pembangkit listrik.

3. High Speed Diesel (Biosolar)

High Speed Diesel atau Biosolar yaitu bahan bakar mesin putaran tinggi >100 rpm dicampur dengan distilasi jenis solar dan B30. Setelah itu, bahan bakar ini akan mengalami dewatering. Tahap tersebut menjadikan solar mempunyai water content serta sulphur yang relatif rendah.

4. Low Sulphur Fuel Oil

Low Sulphur Fuel Oil merupakan jenis bahan bakar mesin diesel dengan putaran rendah. Regulasi IMO juga menerapkan pembatasan kadar sulfur maksimal 0,5% v/v pada 1 Januari 2020.

5. MFO 380

MFO 380 merupakan bahan bakar mesin diesel dengan <300 rpm dan maksimal kekentalan 380 cSt. Selain itu, MFO 380 juga dilengkapi dengan kadar sulfur tinggi maksimal mencapai 4% v/v. Bahkan, MFO 380 digunakan pada mesin utama industri dan perkapalan.

Itulah 5 jenis bahan bakar kapal laut yang bisa kamu ketahui. Bagaimana, apakah rasa penasaran kamu terobati setelah membaca artikel ini? Ilmu ini tentu sangat berguna untuk menambah informasi pengetahuan kamu terkait kendaraan laut yang satu ini.

 

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar