Cara agar bangun pagi mudah dan manfaat-nya

TRISULA

Kenapa bangun pagi itu penting? Karena dengan bangun pagi kita memiliki lebih banyak waktu untuk mempersiapkan diri sebelum beraktifitas selama seharian. Mood akan terasa lebih baik jika bangun pagi. Bila Bangun kesiangan maka yang terjadi aktifitas akan terasa terburu-buru karena belum melakukan persiapan. 

Tips agar mudah bangun pagi beserta manfaatnya

Bangun kesiangan biasanya akibat dari begadang semalaman sampai larut pagi. Bisa karena nonton tv , bekerja atau bermain games. Akibatnya badan menjadi kurang fresh saat bangun untuk berangkat bekerja atau sekolah. 

Biasanya ditandai dengan mata terasa pedih karena semalaman menatap laptop atau hp. Badan terasa pegal karena jam tidur kurang.

Maka dari itu hal ini tidak boleh dibiarkan terjadi terus menerus apalagi selama bertahun tahun, selain kurang baik untuk kesehatan juga mempengaruhi mental seseorang. Orang yang bangun siang itu artinya kurang tidur cukup ,ditandai dengan mood yang buruk atau mudah marah. 

Segara atasi masalah ini dengan mencari solusi untuk bisa bangun pagi. Berdasarkan yang saya baca di internet ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk bisa bangun pagi dengan mudah Apa saja tipsnya ? Simak dibawah ini : 

Cara agar bangun pagi mudah 

1. Tetapkan niat untuk bangun pagi. 

Dengan mengucapkan niat didalam hati sebelum tidur bahwa akan bangun di pagi hari. Maka secara otomatis sobat memasang alarm di bawah sadar. Sobat dapat benar-benar bangun pagi dengan cara seperti itu 

Setelah itu keputusan untuk beranjak dari tempat tidur sangat menentukan. Kadang sudah bisa bangun pagi, tapi entah kenapa masih malas beranjak dari ranjang bisa karena hawa dingin atau masih mengantuk. Saat merasa nanggung maka sudah pasti akan bablas sampai siang. 

2. Tidur lebih awal 

Normalnya orang yang bekerja jam 7 pagi maka paling lambat bangun jam 6 pagi. Jadi masih ada waktu satu jam untuk mempersiapkan diri seperti mandi, sarapan atau olahraga sebentar supaya badan lebih fresh. 

Manusia minimal butuh 8 jam untuk memenuhi kebutuhan tidur cukup. Jika sobat ingin bangun jam 6 pagi maka sobat harus tidur lebih awal yaitu pukul 10 malam. Itu normalnya bila target bangun jam 6 pagi. 

3. Pasang alarm 

Jika sobat memang susah sekali untuk bisa bangun pagi dan ingin berubah. Sobat dapat memasang alarm dengan nada dering yang beisik. Yang membuat sobat kaget kemudian terbangun. 

Jangan gunakan jenis suara lagu atau musik yang merdu karena malah akan membuat sobat lebih nyenyak tertidur. Karena menikmati alunan lagu tersebut. 

Apabila menggunakan alarm handphone , letakkan jauh dari ranjang sobat ,supaya ada effort untuk mematikanya. Dan hal itu dapat membuat sobat terpaksa bangun dari ranjang. 

4. Jangan minum kopi disore hari

Ini salah satu tips dari saya sendiri, dengan tidak meminum kopi disore hari akan membuat sobat lebih mudah mengantuk dan efeknya akan mudah untuk tidur lebih awal. 

Kopi mengandung kafein yang membuat mata tetap terjaga. Sering dikonsumsi oleh orang orang yang ingin bergadang. Seperti meronda atau bekerja lembur sampai larut malam.

Efek Kafeine pada tubuh bekerja selama 6 jam setelah mengkonsumsinya. Jika target sobat tidur pada pukul 10 malam , jadi 6 jam sebelumnya usahakan menghindari mengkonsumsi Kafeine. Kandungan kafeine sendiri terdapat pada minuman teh dan kopi. 

5. Banyak minum air putih

Dengan banyak minum air putih akan menyegarkan tubuh. sehingga Aliran darah pada tubuh menjadi lancar. tubuh menjadi lebih fresh. Karena kebutuhan cairan dalam tubuh telah terpenuhi. Jadi tidak akan ada lagi pusing-pusing ketika bangun tidur. 

Normalnya kebutuhan minum rata-rata manusia adalah 8 liter perhari. Cukupi kebutuhan itu supaya tetap sehat dan bugar. Siapakan satu gelas air putih disamping tempat tidur agar mudah dijangkau. 

Dengan meminum air putih saat bangun tidur cairan dalam tubuh akan terisi lagi. Tenggorakan yang kering akan segar kembali. Sehingga sobat akan lebih mudah untuk bangun dan beranjak dari ranjang. 

Manfaat bangun pagi untuk  kehidupan

Adakah pengaruh bangun pagi terhadap kehidupan? Tentu saja ada. Pagi hari itu ibarat refreshing otak dari semua aktifitas yang dilakukan dihari kemarin. Dengan bangun pagi menghirup udara yang segar akan membuat otak rileks sehingga akan banyak inspirasi baru yang muncul entah terkait pekerjaan atau kehidupan.

Ketika suasana tenang seperti di pagi hari , Sobat bisa saja mendapatkan solusi terkait problem solving dari sebuah masalah yang telah lama dicari. 

Sehingga dalam bekerja akan menjadi lebih produktif dan kreatif. Pikiran dapat berfokus pada prioritas hidup dari pada menuruti kenikmatan hawa nafsu yang sementara. Seperti menghabiskan waktu dengan aktifitas tidak berguna. Selain itu masih banyak lagi manfaat dari bangun dipagi hari. 

Bangun pagi dalam perspektif ajaran Islam 

Bagi umat Islam bangun pagi itu hukumnya wajib ,karena pada waktu pagi/subuh ada kewajiban melaksanakan sholat subuh. Yaitu pada pukul 4 sampai terbit fajar. 

Tuhan menempatkanya diwaktu tersebut tentu ada alasannya, yaitu yang berkaitan dengan kesehatan badan dan mental. Jika sobat ingin sehat badan dan mentalnya bangunlah dipagi hari untuk melaksanakan sholat subuh. Lakukan rutin seumur hidup. Maka sobat akan mendapatkan keberkahan dunia akhirat. Amin

Demikian tips cara agar bangun pagi mudah . Sobat yang sering bangun kesiangan dapat mencoba tips diatas. Pada dasarnya untuk bisa bangun pagi yang paling utama adalah niat /kesungguhan dari dalam hati untuk bisa bangun pagi. Karena perasaan itu akan masuk kedalam bawah sadar. Dan menjadi alarm otomatis yang akan membangunkanmu dipagi hari. Semoga bermanfaat dan terimakasih.

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar