Sebab Tv banyak semut dan Cara membuat tv jernih semua

TRISULA

Cara agar tv jernih tanpa booster

Anda ingin mendapat kan hasil gambar tv jernih tanpa booster. Pertanyaannya apakah bisa? Tentu saja, teknologi sudah berkembang pesat sinyal pemancar juga sudah semakin merata diseluruh indonesia. 

Berbeda pada zaman dahulu jika ingin mendapatkan siaran tv yang jernih maka antena harus sangat tinggi dan memakai banyak antena pada satu tiang. Kemudian harus memakai booster atas dan bawah. 

Jangan khawatir , kali ini saya akan memberikan tips cara agar tv jernih tanpa booster. Anda bisa melakukanya sendiri dirumah. Karena sangat mudah.

Tips cara agar tv jernih tanpa booster 

Cara agar tv jernih tanpa booster

Apakah bisa memasang tv dengan antena tanpa booster? Jawabanya bisa. Namun semua itu tergantung lokasi dan tinggi tiang.  Tapi ada juga orang didesa yang bisa memakai antena tanpa boster dan hasilnya bersih. 

Dibawah ini jenis antena yang digunakan

1. Memakai Antena digital tanpa booster

Namun tak ada salahnya mencoba, caranya dengan memakai antena digital tanpa booster. Biasanya model antena yang sudah sepaket dengan kabelnya seperti gambar diatas, harga 70rb sampai 100rb Jadi tinggal colok saja ke lubang Jack tv. Gunakan tiang yang tinggi supaya gambar lebih jernih. 

2. Memakai Antena Remot 

Cara agar tv jernih tanpa booster

Antena remot sedang ramai dipasaran karena dapat diputar arahnya menggunakan remot. Antena ini memakai booster khusus sebagai tombol untuk memutar antena. Dalam pembelian antena remot sudah termasuk booster didalamnya. Jadi tidak perlu membeli booster tambahan lagi. 

Sudah mendukung siaran digital dan analog. Jadi ketika ingin berpindah ke siaran digital tinggal menambah set top box saja. Antena remot dapat diletakan di indoor dan outdoor tergantung lokasi. Hasilnya jernih, terbukti dari larisnya produk antena remot dipasaran baik didesa maupun dikota. Harga mulai dari 100rb sampai 150rb tergantung merek. Menurut pengalaman merek INTRA bagus. 

3. Tinggal di daerah perkotaan 

Daerah perkotaan dapat menerima sinyal siaran tv yang tinggi karena itu apapun jenis antena dan dimanapun peletakannya pasti hasilnya akan bersih. Misalnya diatas televisi memakai antena 15rban pun hasilnya bersih. 

Jika cara diatas masih belum menghasilkan gambar yang jernih. Coba cek terlebih dahulu siapa tahu ada masalah yang terjadi. Untuk mengetahui sumber masalahnya simak dibawah ini :

Kenapa sih televisi gambarnya tidak jernih?

 1. Salah memilih antena

Terkadang antena satu tidak cocok digunakan ditempat tertentu. Walaupun sudah menambah dengan booster tapi tetap saja hasilnya kurang jernih

 Tipnya: sebelum membeli sebuah antena, coba lihat disekeliling rumah. Rata-rata tetangga memakai antena model apa? Ikuti model antena yang dipake tetangga anda.

 2. Tinggi Antena

Cara agar tv jernih tanpa booster

Kadang permasalahan gambar televisi kurang jernih adalah ketinggian antena terlalu rendah. Coba naikan antena beberapa meter dan lihat hasilnya?

Hal ini biasanya terjadi didaerah pedesaan yang berada jauh dari stasiun pemancar sinyal televisi.

 3. Arah antena

Arah antena juga mempengaruhi gambar yang dihasilkan. Seberapa baguspun antena kalau arahnya salah hasilnya akan tetap jelek. Jadi arahkan antena ke arah stasiun pemancar disetiap tempat. Lihat rata-rata arah antena tetangga anda biasanya itu arah pemancar yang tepat.

4. Pemasangan kabel yang tidak rapi

Pemasangan kabel yang tidak rapi kadang berpengaruh ke hasil gambar. Coba cek pemasangannya apakah sudah benar. Atau ada kabel yang yang saling terhubung. Pada kabel coaxial ada jalur tembaga dan serabut . Jalur itu Jangan sampai bersentuhan.

5. Antena tv sudah rapuh

Apabila anda sudah memakai antena dalam waktu lama. Mungkin itu masalah gambar berubah jadi banyak semutnya. Anda bisa ganti dengan antena baru yang bagus dan sudah support siaran digital . Ganti antenanya saja tidak perlu mengganti kabel dan boosternya.

6. Kabel kemasukan air /rusak

Jika kabel rusak maka gambar akan menjadi burik, sebabnya karena kualitas kabel yang jelek. Bisa rusak karena terkena panas dan hujan. Bisa saja kabel kemasukan air.

Setelah mengetahui penyebab televisi gambarnya tidak jernih. Selanjutnya lakukan pemasangan antena yang baik dan benar. Supaya menghasilkan gambar yang jernih.

Tips mendapatkan gambar tv yang jernih HD

Cara agar tv jernih tanpa booster

Jika kamu belum puas dengan hasil gambar siaran analog yang belum hd. Maka solusinya adalah beralih kesiaran tv digital. Mungkin televisi anda model LED terbaru dan support hd maka untuk memaksimalkan gambarnya , perhatikan tips dibawah ini: 

Gunakan antena digital

Antena yang paling laku sekarang adalah antena digital. Karena imbauan pemerintah supaya beralih dari siaran analog ke digital. Ini dilakukan serentak diseluruh indonesia.

Contoh model antena digital:

Antena remot, hd12, antena model kotak. Dan masih banyak lagi modelnya. Pilih model yang sudah tercantum support digital tv , hdtv, 4k UHD, full hd.

Gunakan kabel coaxial berkualitas

Kualitas kabel juga mempengaruhi hasil gambar. Jadi pilihlah kabel yang berkualitas. Biasanya kabel merek Tanaka bagus harganya 3000/mtr di toko listrik.

Dan masih banyak lagi merk-merek kabel yang bagus dipasaran. Seperti merek kitani, bervin ,tanaka dan lainya.

Gunakan set top box

Tujuan pengalihan siaran televisi ke digital adalah supaya masyarakat mendapatkan kualitas siaran gambar yang jernih. Menyesuaikan dengan perkembangan zaman dimana televisi yang beredar berjenis LED yang sudah support gambar hd. Jadi siaran televisi digital memberikan kualitas gambar hd yang jernih.

Baca : Cara memasang set top box tv digital 

Anda bisa menggunakan merek set top box paling bagus dipasaran seperti : matrix apple hd, Tanaka t2 digital ,Polytron pdv, Akari indonesia dan masih banyak lagi. Pilihlah yang sudah SNI.

Baca juga : 10 Merek Set Top Box Terbaik Dipasaran  

Jika ingin mendapatkan kualitas gambar televisi yang jernih. Ikuti imbauan pemerintah untuk berganti ke siaran digital. Caranya dengan memakai antena digital dan menambahkan set top box. Secara perbandingan kualitas siaran digital lebih baik dari analog. Jadi segera pindah ke siaran digital mulai sekarang.

Kesimpulan 

Demikian pembahasan tentang Cara agar tv jernih tanpa booster, bisa asalkan memilih antena yang tepat. Selain itu juga kenapa gambar televisi kurang jernih ,bisa jadi ada masalah pada antena ,kabel ,tinggi atau arah antena. Dan dengan rencana migrasi dari siaran analog ke digital tentunya dengan berbagai kelebihan dan keunggulanya seperti gambar lebih jernih dan jangkauan Chanel jadi lebih banyak. Sekian terima kasih. 

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar