Cara mendapatkan uang dari internet paling prospek

TRISULA

Dimusim pandemi kemarin banyak yang terdampak phk dari perusahaan. Banyak Bisnis offline yang mengalami penurunan omset. Efeknya pemecatan karyawan terjadi dimana-mana. Akibatnya angka pengangguran menjadi meningkat. Namun disisi lain ada peluang untuk mendapatkan uang dari internet. Misalkan dari blogging , jadi konten kreator YouTube dan tiktok dan masih banyak lagi bidang yang menjanjikan keuntungan dari internet.

Lalu orang -orang berbondong-bondong mencari cara termudah mendapatkan uang dari internet. Tanpa harus keluar rumah. Selaras dengan aturan pemerintah yang melarang orang untuk keluar rumah karena pandemi covid.  Tentu hal ini membuat orang memutar otaknya untuk mendapatkan solusi yaitu menjalankan bisnis internet marketing. 

Cara mendapatkan uang dari internet

1. Mulai dari jualan online


Setiap orang hanya bermodalkan handphone dan internet sudah bisa menghasilan uang berpuluh-puluh juta rupiah.  Asalkan tahu cara kerjanya. Jualan tanpa harus menyewa toko offline dapat mengurangi budget modal. Dan dapat dilakukan oleh siapapun.

Cara mendapatkan uang dari internet


Caranya cukup mendaftar pada marketplace seperti shopee ,Tokopedia ,Bukalapak dan masih banyak lagi. Selanjutnya tinggal upload foto produk yang menarik perhatian. Diselingi deskripsinya yang lengkap. Setelah produk berhasil terunggah ,langkah selanjutnya share produk ke akun sosial media Facebook ,ig, Twitter dan lainya.

Dengan konsisten untuk meng-upload produkmu di marketplace maka tokomu akan otomatis direkomendasikan dihalaman pertamanya. Hal itu akan menjadikan produkmu mudah mendapatkan pembeli. Selain itu promosi dibanyak platform sosial media juga berpotensi meningkatkan omset penjualan mu.

Kamu bisa mencoba menggunakan layanan Facebook ads. Untuk menjangkau lebih banyak orang yang dapat melihat produkmu di toko online. Harga Facebook ads lumayan terjangkau dengan uang 15rb kamu sudah dapat menggunakan layanan itu.

2. Jadi konten kreator YouTube

Cara mendapatkan uang dari internet


Platform sosmed diatas yang saya sebutkan adalah peluang buat orang-orang kreatif yang ingin berkarya sekaligus mendapatkan uang jutaan. Zaman sekarang wadah untuk berkarya sangat banyak dan tidak terbatas. Kamu bebas membagikan karya kamu diyoutube. Apabila sebuah karya disukai maka akan banyak mendapatkan view. Nah dari view yang banyak ini kamu bisa mendapatkan dollar dari kerjasama dengan google adsense.

Maka dari itu kualitas konten yang kamu buat juga menentukan jumlah penonton diyoutube. Jangan coba membuat konten Konten yang copas misalnya, hal itu melanggar aturan YouTube. Akibatnya akun adsensemu dapat dibanned oleh youtube. Mereka sangat ketat untuk originalitas dan kualitas konten.

Konten yang biasa-biasa aja akan sulit untuk direkomendasikan youtube. Jadi sia-sia kamu membuat konten bila tidak dapat dijangkau oleh penonton. Hanya buang-buang waktu saja. Jadi fokuslah untuk belajar memperbaiki kualitas konten.

Lalu bagaimana kualitas konten yang disukai youtube ? Yaitu konten yang disukai atau dibutuhkan penonton.   

Konten yang memberikan hiburan

Konten yang menghibur akan mendapatkan banyak like dan koment. Hal itu dapat dibaca oleh youtube yang kemudian akan sering direkomendasikan pada beranda YouTube.
Efek lanjutnya bisa saja kontenmu masuk daftar trending. Yang merupaka Hal yang diidamkan oleh para YouTubers.

Contoh konten menghibur seperti film pendek komedi, sitkom-sitkom, stand up , reaction lucu dan masih banyak lagi yang dapat kamu eksplore sendiri. Sehingga kamu memiliki keunikan tersendiri.

Konten yang edukatif

Bila kamu ahli dalam satu bidang tertentu kamu dapat membagikan pengalamanmu kepada penonton. Yang mungkin saja sedang membutuhkan informasi itu.
Misalkan kamu seorang ahli kesehatan, dimana kondisi pandemi covid sedang gencar. Dengan keilmuan yang kamu miliki buatlah konten yang mengedukasi masyarakat dengan tips-tips menjaga imunitas agar terhindar dari penularan covid.

Kontenmu akan sangat berguna bagi masyarakat karena tepat dengan kondisi saat ini Dan akan mudah juga untuk masuk trending. Dari situ akan terjadi lonjakan view yang besar sekaligus adsense juga ikut naik.

Konten yang solutif


Biasanya konten tipe-tipe tutorial tentang sebuah Niche tertentu. Misalkan orang yang sedang menjalankan blogging akan mencari konten tutorial blogging. Orang yang sedang belajar memasak akan mencari tutorial memasak. Dan masih banyak lagi Niche -niche lain yang masih belum dibahas. 

Itu kesempatanmu untuk masuk kedalam Niche tertentu. Lalu berikan konten yang solutif yang dapat memcahkan permasalahan orang. 

Konten yang informatif


Konten ini biasanya berisi ulasan tentang sebuah produk tentang kelemahan dan kelebihanya. Juga harga dan spesifikasinya. Sebagai contoh Chanel gadgetin ia fokus pada konten review handphone. Biasanya orang yang menonton chanel gadgetin adalah orang yang sedang mencari informasi sebagai pertimbangan sebelum membeli sebuah produk handphone.

Untuk sebuah konten tipe informatif harus menyampaikan sesuai data dan fakta. Harus lengkap dan terpercaya. Jangan berbohong dalam menyampaikan ulasan sebuah produk karena ketika orang membeli produk tersebut tapi kenyataan tidak sesuai dengan ulasan divideo. Maka chanelmu akan mendapatkan banyak unlike dan komentar negatif. Akibatnya orang tidak akan mau lagi menonton videomu.

Darimana penghasilan seorang youtuber

Ketika subscribermu sudah mulai banyak dan setiap upload video mendapatkan banyak penonton. Kamu bisa memonetisai dengan mengaktifkan iklan YouTube adsense. Cara kerjanya yaitu ketika orang membiarkan iklan tanpa diskip. Atau mengklik iklan itu baik disengaja atau tidak maka otomatis kamu akan mendapatkan dolar dari hal itu. Itu lah mengapa sering kita temui youtuber sering mengatakan “jangan diskip iklanya”divideo. 

Selain itu endorse juga bisa masuk kedalam kontenmu. Kamu dapat mendapatkan uang dari produk yang ingin dipromosikan dalam konten videomu. Tarifnya terserah pemilik Chanel YouTube. Semakin tinggi subscriber semakin tinggi kontraknya nilainya.

3.Bikin Konten tiktok yang kreatif

Cara mendapatkan uang dari tiktok


Tiktok menjadi salah satu sosial media paling banyak digunakan saat ini. Jadi manfaatkan untuk membuat konten yang kreatif. Pembuatan konten di tiktok lebih mudah dari video YouTube. Di tiktok kamu bisa viral hanya dengan video durasi 30 sampai 60 detik. Karena tipe video tiktok cenderung pendek dan terbatas itu tantangan buat kamu untuk menarik perhatian penonton dalam waktu yang singkat. Pengguna tiktok tidak terbiasa dengan video yang panjang dan bertele-tele.

Konten lipsing lagu viral

Pakai sound yang sedang viral kemudian kombinasikan dengan dance yang sesuai dengan tren dance nya.
Asal kamu asik dan seru pasti akan banyak yang nonton. Kalau ingin terkenal di tiktok buang jauh-jauh rasa malumu ya.

Buat editing video keren


Tetapi jangan khawatir Kalau kamu tipe pemalu kamu bisa tetap  berkarya juga ditiktok walaupun dibalik layar. Kamu lebih menonjolkan skill karyamu daripada diri fisikmu. Kamu bisa membuat buat video editing keren tentang musik , animasi , dan tema-tema keren lainya. Tunjukan skill-skill editing kamu supaya banyak yang menikmati.

Penghasilan seorang tiktokers

Ketika kontenmu viral dan akun tiktokmu bertambah banyak followersnya dari situ akan banyak produk-produk atau jasa yang ingin dipromosikan atau istilahnya endorse. Kamu dapat memasang tarif endorse semaumu untuk sekali posting konten produk. Gimana menarik bukan !

4. Blogging

Cara mendapatkan uang dari internet


Aktifitas blogging merupakan cara lama untuk mendapatkan uang di internet. Banyak orang telah mengetahuinya dan mencobanya. Ada yang berhasil dan ada yang berhenti ditengah jalan. Karena blogging bukan hanya menulis artikel saja tetapi harus paham SEO juga. Yaitu optimasi offpages dan onpages supaya artikel berada diposisi 1 pencarian google. Maka dari itu seorang yang ingin mencari uang dari blog. Harus menguasai beberapa  hal: 

Punya Teknik menulis yang baik

Tulisanmu harus dapat dimengerti oleh pembaca. Jangan menulis tulisan yang hanya bisa dimengerti oleh diri sendiri. Hindari bahasa -bahasa yang terlalu teknis yang jarang diketahui kebanyakan orang. Menulislah seperti sedang berbicara. Maka proses menulis  akan lebih mudah dan cepat. Selain itu juga mudah dimengerti oleh pembaca.

Kualitas tulisan yang solutif

Tulisanmu harus memberikan apa yang diinginkan orang di pencarian google. Kontenmu harus tepat sasaran dengan yang diketikan orang. Misalnya orang mengetik kata kunci ” Bagaimana Cara membuat akun tiktok” . Maka kontenmu harus berisi tutorial lengkap cara membuat akun tiktok dari awal sampai akhir. Jadi tulisanmu Jangan sampai melenceng dari kata kunci itu. Nanti ketika orang membuka blogmu dia akan kecewa karena tidak mendapatkan apa yang sedang dicarinya.

Konsisten menulis 1 artikel sehari

Menulis itu susah -susah gampang. Kelihatanya mudah karena cuma menulis saja , tetapi untuk menulis artikel yang berkualitas dan SEO. Kita perlu riset kata kunci terlebih dahulu dan memperhatikan SEO onpagenya. Itu cukup melelahkan. Banyak orang berhenti ditengah jalan karena kehabisan ide dan waktu untuk mengerjakannya.

Tetapi karena sudah diniatkan sejak awal apa tujuan ngeblog. Maka menulis sehari 1 artikel bisa dilakukan dengan mudah. Karena itu salah satu kunci dari orang-orang sebelumnya  yang sukses didunia blog yaitu konsisten menulis.

Jangan pikirkan visitor untuk awal-awal ngeblog. Karena jumlah visitors akan bertambah dengan sendirinya ketika konsisten menulis artikel yang berkualitas. Menulislah terus selama berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun. Jadikan aktifitas menulis itu sebagai candu karena menyenangkan.

Mengerti dasar-dasar SEO terlebih dulu

Untuk pemula pelajari dari teknik SEO dasar terlebih dahulu seperti pemilihan kata kunci yang tepat. Penyebaran kata kunci pada postingan. Teknik header h1 h2 h3 . Optimasi gambar. Internal dan eksternal link. Meta deskripsi dan masih banyak lagi. Kamu bisa mencari ilmunya banyak dinternet.

Sebuah blog harus submit ke google search console untuk dapat muncul dipencarian google. Jika tidak dilakukan artikel akan sulit  terbaca oleh google. Walaupun sebagus apapun artikel itu kalau tidak dapat ditemukan oleh orang, ya tidak akan memberikan manfaat apapun. Jadi penting untuk paham tentang SEO bagi yang ingin serius ngeblog.

Darimana penghasilan seorang blogger

1. Google adsense

Sudah menjadi rahasia umum para blogger mendapatkan pundi-pundi nya dari adsense. Ada yang cuma dapat recehan ada juga yang puluhan juta perbulan. Semua tergantung konten yang dibuat harus ramah google dan pengunjung. Sebelum dapat memasang iklan adsense. Sebuah blog harus mengajukan permintaan ke google agar diterima menjadi publisher adsense. Syaratnya blog harus memberikan konten original berkualitas.

Google tidak akan mau menerima blog yang berisi konten copas. Blog yang jarang upload konten juga akan ditolak. Karena dinilai tidak serius dalam menjalankan blog.

2. Pasang banner iklan

Kamu dapat membuka slot iklan banner bagi pemilik produk atau jasa. Pemilik blog bebas menentukan biaya perbulannya. Jika trafik blogmu tinggi makan akan dengan mudah mendapatkan peminatnya. Jadi sebelum mendapatkan klien kamu harus bekerja keras mendapatkan trafik yang tinggi terlebih dahulu.

3. Jual jasa

Jika kamu mempunyai keahlian tertentu , kamu dapat menjual jasa diblog tersebut. Misalkan jasa penulisan artikel, pembuatan website, pembuatan video dan masih banyak lagi.  Kamu dapat menjaring klien dari pengunjung blog.

Jika sebuah blog fokus membahas satu tema tertentu sampai ke akar-akar. Kamu akan dinilai berkompeten dibidang tersebut. Maka pengunjung yang membutuhkan jasa tersebut pasti akan mempercayakanya kepadamu.

4.Jual produk

Kamu dapat menjual produkmu sendiri diblog. Seperti buku, template blog, pakaian dan apapun itu bisa asalkan tepat sasaran. Jika kontenmu tentang tutorial blog maka  pengunjung blogmu rata-rata seorang blogger maka jualan tempalte sangatlah tepat. Jika artikelmu banyak membahas tentang diet dan kesehatan. Maka kamu bisa berjualan suplemen kesehatan. Dan masih banyak lagi contoh lainnya.

5. Program Afiliasi 

Sedangkan untuk afiliasi Diamana kamu bekerja sama dengan program afiliasi lazada misalnya. Kemudian kamu membuat artikel review produk lazada ,bila pengunjung tertarik dan membeli melewati link diblogmu. Maka kamu akan mendapatkan komisi dari produk yang terjual. Kamu dapat mencari website yang menjalankan program afiliasi digoogle. Kamu harus mendaftar terlebih dahulu. Kemudian blogmu akan ditinjau terlebih dahulu apabila sesuai dengan kriteria maka akan langsung diterima.

Kesimpulan 

Apapun yang kamu pilih entah itu jualan di e-commerse, menjadj konten kreator YouTube tiktok atau blogger semua harus dijalankan dengan serius dan konsisten. Agar hasil yang didapatkan juga memuaskan. Sekian pembahasan tentang cara mendapatkan uang dari internet.  Semoga bermanfaat.

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar